Home / Headline / Bupati OKU Serahkan BLT Untuk Masyarakat Baturaja Timur

Bupati OKU Serahkan BLT Untuk Masyarakat Baturaja Timur

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada warga.

Baturaja, BP–Bupati OKU Drs H Kuryana Azis menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), Penyerahan Secara Simbolis BLT DD Tahun 2020 ini Dilakukan di Gedung Serba Guna Kecamatan Baturaja Timur, Senin (11/5).

Kadin PMD OKU Drs Ahmad Firdaus dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini merupakan penanganan dampak virus corona atau Covid19 yang menyebabkan efek terhadap perekonomian masyarakat, sehingga pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat yang terdampak, guna meringankan beban masyarakat di pedesaan.

“Penyaluran BLT ini yang diwakili oleh Desa Tanjung Kemala dan Desa Terusan Kecamatan Baturaja Timur, dengan jumlah KK yang menerima BLT untuk Desa Terusan 153 KK sedangkan untuk Desa Tanjung Kemala sebanyak 148 KK,” kata Firdaus.

Firdaus menambahkan sasaran penerima BLT ini keluarga penerima manfaat non PKH atau non BNPT yang kehilangan mata pencarian/berpenghasilan rendah, BLT ini di berikan selama 3 bulan terhitung sejak bulan April sampai bulan Juni 2020 dengan besaran nominalnya Rp600.000/bulan per kepala keluarga, dan untuk bulan ini dibayarkan 2 bulan (April dan Mei) sekaligus sebesar Rp. 1.200.000.

Bupati OKU Drs H Kuryana Azis mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah ditengah-tengah covid-19, Jangan dilihat besar kecil nya bantuan, tapi semoga bermanfaat dan dapat dipergunakan sebaik-baik nya untuk keperluan rumah tangga.

“Penyerahan BLT sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga yang dananya bersumber dari Anggaran Dana Desa ini adalah kali pertama dilaksanakan,” kata Kuryana.

Kuryana juga mengingatkan kepada kepala desa untuk memberikan data yang akurat dan valid serta dalam penyalurannya diawasi langsung oleh Camat dan BPD.

Dia menjelaskan bahwa Dana Desa tahun ini pengalokasiannya telah diubah mengacu pada Surat Edaran Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2020 yang salah satunya difungsikan menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai salah satu bentuk penanganan terhadap warga yang terdampak Covid-19.

“Kami sampaikan juga kepada masyarakat penerima manfaat BLT agar dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehingga dapat meringankan beban yang dirasakan selama terjadinya wabah pandemi Covid-19 dan tentunya kita berharap pandemi covid-19 ini segera berakhir sehingga kita dapat hidup normal kembali dan dapat beraktifitas seperti sediakala,” pungkas Kuryana. #yan

x

Jangan Lewatkan

Dua Mahasiswa Sekarat Dibacok

Palembang, BP Dua mahasiswa yakni Danu Putu Ronaldi (23) dan Atrian (24), sekarat dengan luka serius usai dibacok orang tak ...