Home / Headline / OKU Timur Dihantam Banjir Bandang

OKU Timur Dihantam Banjir Bandang

Palembang, BP

Banjir kiriman Sungai Komering meluas dan menghantam dua kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur karena debit air belum turun sejak Jumat dan memaksa warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.
Kalaksa BPBD OKU Timur, MGS Habibullah, Sabtu, mengatakan banjir meluas serta merendam puluhan rumah warga di Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja dan Kecamatan Madang. Hari sebelumnya banjir hanya melanda Kecamatan Bunga Mayang.
“Menurut warga banjir kali ini bisa dibilang yang terbesar sejak 50 tahun terakhir, tim BPBD OKU Timur sendiri sudah bergerak cepat,” kata MGS Habibullah , Sabtu (9/5).
Banjir di Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja melanda Desa Muncak Kabau Dusun 1,2 dan 3, sebagian mengungsi ke mushala Dusun 3 serta mengungsi ke desa tetangga.
Sedangkan di Kecamatan Madang Suku II banjir melanda Desa Riang Bandung dan Desa Karang Negara, bahkan banjir di Desa Riang Bandung turut merendam sawah siap tanam milik warga.
“Untuk warga Desa Karang Negara diungsikan ke Unit Trans,” kata MGS Habibullah.
Selain itu banjir juga masih merendam puluhan rumah warga di Tepian Komering Kecamatan Martapura hingga Sabtu siang karena air terus meluap seiring peningkatan debit Sungai Komering, sehingga BPBD OKU Timur mengingatkan warga agar tetap waspada dengan banjir kiriman.
Aliran Sungai Komering yang melintasi Kabupaten OKU Timur berasal dari sungai-sungai dari Kabupaten OKU Selatan seperti Sungai Selabung dan Saka, sehingga hujan deras di OKU Selatan akan berimbas meningkatkan debit Sungai Komering.#osk

x

Jangan Lewatkan

Kepengurusan GMS Bakal Terbentuk

Palembang, BP Kepengurusan Generasi Muda Sriwijaya (GMS) Sumsel bakal terbentuk. Ini ditandai dengan diserahkan SK GMS Sumsel oleh Ketua Umum ...