Home / Headline / Dampak Wabah Pandemi Covid-19, Ribuan Pedagang Kaki Lima di Kota Palembang Terancam Gulung Tikar

Dampak Wabah Pandemi Covid-19, Ribuan Pedagang Kaki Lima di Kota Palembang Terancam Gulung Tikar

BP/IST
Suasana salah satu lapak pedagang di kota Palembang yang telah sepi pembeli

Palembang, BP

Sebagai bagian dari pergerakan ekonomi,  keberadaan pedagang kecil kaki lima serta UMKM di kota Palembang mampu menjadi pilar ekonomi kerakyatan yang selalu dapat bertahan walau dihantam badai krisis ekonomi.

Namun tidak demikian dengan tahun 2020, dimana mereka dipaksa menyerah terhadap serangan pandemi covid-19. Yang juga telah menyerang berbagai sektor kehidupan manusia di berbagai negara tersebut juga telah meluluh lantakkan pertahanan pedagang kaki lima tersebut.

Karena pademi covid-19 tersebut telah menutup mayoritas transaksi langsung dilapak – lapak pedagang kaki lima itu.

Menurut Darwis, pengurus pedagang kaki lima Palembang membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, kini ribuan anggotanya terancam gulung tikar dari lapak-lapak perdagangan mereka, yang selama ini menghidupi keluarganya.

Apalagi memasuki tahun 2020 ini transaksi di lapak-lapak pedagang kaki lima di sejumlah tempat di kota Palembang merosot tajam, bahkan sering kali mereka harus menelan pil pahit karena tidak mendapat uang sama sekali untuk di bawa pulang

“Dan kini mereka sudah mulai merasakan kesulitan untuk mencukupi makan di dalam kesehariannya. Saat-saat yang sangat diharapkan di setiap tahun oleh pedagang kaki lima yaitu bulan puasa Ramadhan dan Idul Fitri pun tidak akan dapat menolong kehidupan mereka di tahun 2020 ini seperti tahun-tahun sebelumnya, karena dampak corona ini,” katanya, Rabu (22/4).

Karena itu para pedagang kaki lima kini sangat membutuhkan uluran tangan pemerintah kota Palembang, untuk mempertahankan kehidupan dan perdagangan mereka.

“Kami juga sudah membuat program untuk ketahanan ekonomi mereka dan akan kami bawa segera ke Pemerintah Kota.Semoga Pemerintah kota dapat menerima dan membantu merealisasikan program kami tersebut,”kata Darwis.#osk

x

Jangan Lewatkan

Pabrik Aspal Karet Muba Salah Satu Kontribusi Nyata Pulihkan Ekonomi Nasional di Masa

Masa Depan Petani Karet Sumsel Diharapkan lebih Sejahtera Sekayu, BP–Kegelisahan petani karet akibat harga yang terus anjlok akhirnya ditemukan solusinya ...