Ultimate magazine theme for WordPress.

PKS Palembang Ajak Sebanyaknya Warga Gunakan Masker

BP/DUDY OSKANDAR
M Ridwan Saiman SH MH

Palembang, BP

Upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran pandemi virus Corona (Covid-19) di Kota Palembang sekaligus sesuai dengan seruan WHO dan intruksi pemerintah pusat, DPD Kota Palembang mengajak warga kota Palembag untuk menggunakam masker saat keluar rumah.

Menurut Ridwan Saiman, Ketua DPD PKS Palembang, penggunaan masker pada masyarkat luas bisa mengurangi percikan saat bersin, batuk, berbicara bahkan bernafas sehingga hal ini bisa mencegah meluasnya penularan virus corona.

“Mari kita menggunakan masker saat diluar rumah. Masker jenis apapun. Jangan langka dan mahalnya masker jadi alasan. Masker medis, apalagi N95 kita utamakan untuk petugas kesehatan. Adapun kita cukup pakai masker kain saja, sekarang ada jenis masker kain berlapis yang bisa diisi tissue. Yang penting dijaga kebersihannya. Kelebihan masker kain tiap hari bisa dicuci, tissuenya diganti,” kata Ridwan, Senin (6/4)

Baca Juga:  PKS Berharap Ada Revisi UU Pemilu

Dalam hal ini menurutnya pemerintah harus membantu penyediaan masker buat masyarakat luas. Bagikan secara cuma-cuma. Buat saudara kita yang masih harus berjuang mencari nafkah harian, para pedagang di warung dan di pasar, para driver ojol, sopir angkot, pekerja bangunan. Tak bisa isolasi ya pilihannya keluar rumah dengan pakai masker.

“Dan saya menghimbau untuk yang mampu, agar peduli, bantu saudara kita untuk memiliki masker. Yang tak biasa pasti risih, panas. Maka kita perlu mengedukasi untuk manfaat pemakaiannya. Jangan nanti sudah punya masker tapi dililit saja di leher. Benar-benar kita harus gerakkan hal ini bersama-sama. Sebagai upaya pencegahan yang efektif. Keberhasilan masker untuk semua #Mask4All ini sebenarnya lebih kepada membuat yang terinfeksi baik yang bergejala atau tak bergejala agar tidak menyebarkan percikan (droplet kalau istilah kesehatannya) kemana-mana. Tidak mengenai saudara yang sehat, tidak kena ke benda dan lingkungan sekitar. Maka inilah yang akan membuat kontak transmisi lebih rendah, karena efek lanjutannya udara menjadi lebih sehat karena sisa droplet yang bertebaran menjadi minimal,” katanya.

Baca Juga:  Cek Molek, Anggota PMI di Perang Lima Hari Lima Malam, Tak Gentar Mengobati Korban Ditengah Perang

Selain menggunakan masker, Physical distancing dan pembatasan kegiatan yang mengumpulkan massa tak berjarak harus tetap dijalankan. sambung Ridwan, hal ini yang juga wajib dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus covid -19.

Dan untuk pengaturan ulang beban kerja dan beban pembelajaran serta pengaturan ulang jam kerja maupun jam sekolah sehingga juga tetap diperhatikan sampai wabah ini benar-benar berakhir.

Baca Juga:  PKS Gugat Ke MK Tiga Kursi Hilang di Sumsel

Untuk pemakaian masker selama masa pandemi Covid-19 ini pemerintah pun harus mengawasi, seperti pemakaian helm dijalan raya kira-kira.

Beri sangsi bila ada yang tak bermasker keluar rumah, tentu setelah masyarkat dibantu untuk memiliki masker. Karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Ayo pakai masker bila keluar rumah, ajak saudara kita juga untuk mengunakannya, kalau mereka belum punya bantu untuk memiliki, minimal 1 orang punya 2 masker, kering cuci pakai. Cuci setiap hari, dan disetrika. Masker untuk semua yakin BISA.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...