Home / Headline / 72 Orang Warga Sumsel Pulang Dari Singapura dan Malaysia Diisolasi Rumah Sehat ODP Center di JSC

72 Orang Warga Sumsel Pulang Dari Singapura dan Malaysia Diisolasi Rumah Sehat ODP Center di JSC

BP/IST
Ketua ODP Corona Center, Mawardi Yahya saat mengecek Rumah Sehat ODP Center Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis (2/4).

Palembang, BP

Sebanyak 72 warga Sumsel yang bekerja sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dari Singapura dan Malaysia tengah diisolasi di Rumah Sehat ODP Center Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Kamis (2/4).
Ke-72 orang TKI tersebut mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang pada, Rabu (1/4) sekira pukul 21.45 .
Para TKI akan dilakukan isolasi selama 14 hari di dalam ODP center.
Selama masa isolasi para TKI ini ditempatkan terpisah meski satu keluarga. Satu orang TKI ditempatkan dalam satu kamar.
Dalam masa isolasi, para TKI asli wong Sumsel ini diwajibkan memakai masker, dilarang keluar kamar dan tak boleh bertemu antara satu dengan lainnya.
Ketua ODP Corona Center, Mawardi Yahya mengatakan, puluhan TKI asal Sumsel itu diketahui menempuh rute penerbangan dari Singapura, Kuala Lumpur, Batam dan terakhir mendarat di Palembang.
Setiap transit di berbagai tempat, ke 72 TKI dilakukan pemeriksaan dan tidak ada gejala Covid-19.
Namun untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk, para TKI yang baru pulang dari wilayah terjangkit ini seluruhnya dikarantina sebelum kembali ke kampung halamannya masing-masing.

“Sejauh ini semua TKI sehat. Mereka berstatus ODP akan kita rapid test.Dicek suhu tubuh, diambil sampel darah dan dikarantina selama 14 hari,” katanya.
Mawardi yang juga Wagub Sumsel ini menegaskan Pemprov Sumsel siap 100 persen menanggulangi wabah Covid-19 dengan langkah pencegahan dan penanganan.
Untuk itu, selama karantina berlangsung, para ODP akan difasilitasi hingga benar-benar pulih hingga kurun waktu dua pekan.
Diakuinya, dalam penanganan Covid-19, negara menjamin keselamatan warga negaranya.
Selama karantina, para ODP diberi makan tiga kali sehari dengan menu 4 sehat 5 sempurna ditambah ada juga makanan ringan.
“Selain makanan mereka juga akan dicek kesehatan, senam kebugaran dan sebagainya. Ini betul-betul komitmen pemerintah mencegah penyebaran Covid-19,” kata Mawardi.#osk

x

Jangan Lewatkan

Pabrik Aspal Karet Muba Salah Satu Kontribusi Nyata Pulihkan Ekonomi Nasional di Masa

Masa Depan Petani Karet Sumsel Diharapkan lebih Sejahtera Sekayu, BP–Kegelisahan petani karet akibat harga yang terus anjlok akhirnya ditemukan solusinya ...