3 Pasien Positif Corona Asal Sumsel Yang Dirawat di RSMH Palembang, Semakin Membaik

12

BP/IST
Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH, sekaligus Juru Bicara Satgas pencegahan dan Penangulangan Covid-19 Sumsel dr. Zen Ahmad didampingi Direktur Utama RSMH dr.Bambang Eko Sunaryanto,Sp.KJ, MARS dan Wakil Ketua PIE dr.Harun Hudari,Sp.PD, Rabu (1/4) dalam konferensi pers.

Palembang, BP

Kondisi tiga pasien positif corona yang berada di RSMH Palembang semakin membaik. Pihak Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang masih terus memantau serta merawat 3 pasien positif corona (covid-19) di Sumatera Selatan, Rabu (1/4).
Sebelumnya diketahui sudah ada 5 warga Sumsel yang terkonfirmasi terjangkit covid-19.
Sebanyak 2 pasien telah meninggal dunia dan 3 pasien lagi masih menjalani isolasi di RSMH.
“Kondisi 3 pasien positif (covid-19) itu dalam keadaan cukup baik dengan hanya mengalami sakit ringan hingga sedang,” kata Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH, sekaligus Juru Bicara Satgas pencegahan dan Penangulangan Covid-19 Sumsel dr. Zen Ahmad didampingi Direktur Utama RSMH dr.Bambang Eko Sunaryanto,Sp.KJ, MARS dan Wakil Ketua PIE dr.Harun Hudari,Sp.PD, Rabu (1/4) dalam konferensi pers.
Dengan kondisi stabil seperti saat ini, ketiga pasien tersebut juga tidak menggunakan ventilator sebagai alat bantu pernapasan.
Suhu tubuh ketiganya juga sudah kembali pada ukuran normal dibawah 38 derajat celcius.

Baca:  Dua Pasien PDP Covid -19 Dari RSMH Meningggal Dunia

“Tentunya kondisi ini sudah cukup baik dibanding saat pertama menjalani perawatan sebagai PDP. Yang mana, saat itu suhu tubuh mereka lebih dari 38 derajat celsius. Disertai juga salah satu gejala covid-19 seperti batuk, demam, pilek, sakit tenggorokan, ISPA ataupun pneumonia,” katanya.
Dan seperti diketahui bersama, PDP di RSMH adalah pasien yang menunjukkan gejala awal covid-19 dan disertai dengan pneumonia.
Lebih lanjut dijelaskan, dari total 8 PDP yang masih diisolasi di RSMH, 3 pasien diantaranya sudah dinyatakan positif terjangkit covid-19.
Selain itu juga ada 1 PDP yang hasil pemeriksaannya sudah keluar dan dinyatakan negatif covid-19.
Untuk itu, pasien tersebut selanjutnya akan dipindahkan ke ruangan lain sebab masih membutuhkan perawatan untuk pemulihan kesehatannya.
“Jadi masih ada 4 PDP yang masih menunggu hasil pemeriksaannya keluar,” katanya.
Selain itu pihaknya terus berupaya memberikan penanganan kepada ketiga pasien ini agar dapat segera dinyatakan sembuh.
“Panduan khusus tak ada namun kita mempercepat memberikan penyembuhan dengan memberikan obat-obatan,” katanya.
Pihaknya berharap lanjut dia dihari ke 7, 8 dan maksimal hari ke 14 sudah negatif sehingga kalau dites dua hari berturut-turut membaik maka dinyatakan sembuh.
Sementara itu, Direktur Utama RSMH dr.Bambang Eko Sunaryanto,Sp.KJ, MARS mengatakan pihaknya belum bisa memastikan dari mana 3 pasien positif tersebut bisa terjangkit covid-19.
“Apakah karena transmisi lokal atau bagaimana, kami belum bisa mengkonfirmasi. Karena itu merupakan wewenang dari ke Dinkes wilayah masing-masing untuk menjelaskannya,” katanya.#osk