Home / Headline / Manfaatkan Bahan Alami, Thia Dodi Ajak PKK Muba Buat Hand Sanitizer

Manfaatkan Bahan Alami, Thia Dodi Ajak PKK Muba Buat Hand Sanitizer

Foto: Humas Dinkominfo Muba

Sekayu, BP–Di tengah merebaknya wabah virus Covid 19 atau corona, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin, Hj Thia Yufada Dodi Reza berinisiasi mengajak Para Anggota TP PKK Kabupaten Muba untuk memanfaatkan bahan alami sebagai pembersih tangan atau hand sanitizer. Bahan alami seperti daun sirih dan perasan jeruk nipis menjadi bahan pokok pembuatan cairan pembersih tangan atau Hand sanitizer ini.

Dikatakan Thia Yufada, Pembuatan cairan pembersih tangan alami ini berawal dari sulitnya memperoleh hand sanitizer kimiawi. Selain itu daun sirih dan jeruk nipis sudah lama dikenal sebagai bahan alami antiseptik.

“Hand sanitizer di pasaran langkah, kalaupun ada harganya mahal. Atas kondisi itu saya mengajak para Anggota serta Kader-kader PKK Kecamatan dan Desa untuk membuat Hand Sanitizer alternatif dengan memanfaatkan bahan alami dan murah,”ucap Thia saat menunjukkan proses pembuatan hand sanitizer di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Jum’at (27/3/2020).

Istri Bupati Muba ini menjelaskan komposisi cara pembuatannya cukup sederhana, yaitu :

1. Cuci 500 gram daun sirih yang telah disiapkan.

2. Keringkan 500 gram daun sirih yang telah dicuci.

3. Kemudian potong daun sirih sampai berbentuk kecil kecil.

4. Rebus 2000 ml air hingga mendidih.

5. Lalu rendam 500 gram daun sirih yang telah dipotong kecil-kecil

6. ambil panci, lalu lakukan proses steam pada air yang telah dicampur dengan 500 gram daun sirih.

7. Steam menggunakan api kecil selama 30 menit.

8. Setelah selesai, saring hasil steam.

10. Tambahkan 5 sendok teh jeruk nipis kedalam ekstrak daun sirih.

11. Terakhir, masukkan Hands sanitizer campuran ekstrak daun sirih dan ekstrak jeruk nipis kedalam satu wadah atau botol-botol spray.

Hands sanitizer alami ini sangat mudah untuk dipraktekkan, dan bisa di manfaatkan oleh sarana kesehatan dasar di Kecamatan seperti Puskesmas, Poskesdes, Polindes serta di Posyandu.

“Nantinya cara pembuatan Hand Sanitizer ini akan kita tularkan juga ke Para Anggota TP PKK seluruh Kecamatan dan Desa dalam wilayah Kabupaten Muba, agar semua ibu-ibu bisa memanfaatkan bahan alami untuk menjaga kebersihan tangan terutama untuk kebersihan keluarga,”ucapnya.#arf

x

Jangan Lewatkan

Kabur Saat Ditangkap,  Leonardo Dihadiahi Timah Panas

Palembang, BP Leonardo (26)  tak berkutik setelah kakinya ditembus peluru anggota Unit I Subdit III Jatanaras Polda Sumsel. Leonardo warga ...