Ada 600 ODP Kasus Covid-19 di Sumsel

4

BP/IST
Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini

Palembang, BP

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel, untuk total jumlah kasus Covid-19 di Sumsel pada Sabtu (28/3) sudah mencapai 600 orang yang masuk dalam katagori Orang Dalam Pengawasan (ODP)
Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini, menjelaskan, dari jumlah 600 OPD itu, 133 orang telah selesai pemantauan dalam kondisi sehat dan 467 orang masih dalam pemantauan.
Sedangkan untuk total Pasien Dalam Pemantauan (PDP) Covid-19 yang masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit rujukan ada 29 orang. 7 orang sudah selesai pengawasan dengan hasil pemeriksaan negatif, dan 21 orang masih dalam pengawasan. “Dari semua total kasus itu, ada 1 pasien yang positif meninggal akibat covid-19,” katanya, Sabtu (28/3).
Sedangkan untuk jumlah sampel kasus PDP dan ODP Covid-19 yang diperiksa oleh Badan Litbangkes Jakarta ada 29 orang.
“Dari kesemua 29 sampel itu, hasil negatif ada 12, 1 positif yang meninggal dan 16 sampel lagi masih dalam proses pemeriksaan,” katanya.
Dirinya mengimbau, agar masyarakat Sumsel menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau menggunakan hand sanitizer dirumah atau ditempat kerja.
“Segera datang ke fasilitas kesehatan jika mengalami gangguan kesehatan dan selalu menggunakan masker,” katanya.
“Tunda kegiatan yang melibatkan banyak orang, jaga jarak dan kalau bisa upayakan skrining secara mandiri dengan menggunakan alat thermal gun (pengukur suhu tubuh),” katanya.#osk

Baca:  Muba Capai Imunisasi MR Tertinggi di Sumsel