Home / Headline / Disdik Minta SMK di Sumsel Miliki LSP

Disdik Minta SMK di Sumsel Miliki LSP

Kasi Kurikulum SMK Disdik Sumsel Awaludin saat meninjau ruang LSP SMKN 1 Palembang yang digunakan untuk ujian sertifikasi.

Palembang, BP–Pihak Dinas Pendidikan Sumsel meminta seluruh SMK di Sumatera Selatan memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Sehingga lulusan SMK di Sumsel memiliki uji kompetensi dari LSP yang menjadi penunjang lulusan masuk ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (Du-Di).

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Sumsel Mondya Bonny melalui Kasi Kurikulum SMK Awaludin mengatakan bahwa Disdik Sumsel memang berupaya menekan angka kemiskinan dari banyaknya pengangguran yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut SMK merupakan penyumbang pengangguran terbesar.

“Nah di SMK Negeri 1 Palembang ini sudah memiliki LSP dan bisa menggelar ujian LSP maka sangat baik untuk meningkatkan mutu lulusan. Selain itu Disdik Sumsel juga akan membuka Bursa Kerja Khusus atau BKK yang nanti akan memediasi antara lulusan dan perusahaan,” ujarnya saat meninjau di SMK Negeri 1 Palembang, Kamis (19/3).

Awaludin menambahkan bagi SMK di Sumsel yang belum bisa menggelar LSP agar bisa mengajukan izin ke BNSP agar lulusannya memiliki sertifikasi LSP.

Sementara itu dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Hijrah Baiti mengatakan bahwa menjelang kelulusan siswa SMK Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2020/2021, siswa akan menjalani ujian LSP guna meraih kompetensi yang lebih mumpuni lagi.

“Ada 400 peserta yang akan mengikuti LSP di sekolah pada tanggal 13-17 April 2020 nanti dan mereka akan kita bagi menjadi 20 sesi,” terangnya.

Dari 400 peserta tersebut akan menjadi sertifikasi dari para asesor dan juga para dunia usaha dan dunia industri (Du-di) yang memiliki sertifikasi asesor.

Ia menambahkan bagi siswa yang lulus LSP ini akan meraih lembaran sertifikasi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dan lembaran sertifikasi dari LSP tersebut sudah diakui oleh berbagai perusahaan. Sementara yang belum lulus hanya memiliki kompetensi nya saja.

“Sehingga dengan LSP tersebut bisa menekan serapan lulusan anak-anak kita untuk masuk ke dunia usaha dan dunia industri,” terangnya. #sug

x

Jangan Lewatkan

Pjs Bupati OKU Dipegang Muhammad Zaki Aslam

Baturaja, BP–Pengukuhan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati OKU Oleh Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru Bertempat di Griya Agung Palembang Sumsel, ...