Home / Headline / Polres Muba Tangkap Pengedar Narkoba Jaringan Internasional

Polres Muba Tangkap Pengedar Narkoba Jaringan Internasional


BP/IST
Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIk ketika menggelar ungkap kasus peredaran narkoba seberat 1 Kg di Kabupaten Muba.

Palembang, BP

Sekitar satu bulan lamanya melakukan penyelidikan, akhirnya jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Muba, berhasil mengamankan bandar narkoba, yakni Abdurahman bin Effendi warga Dusun III Desa Pandang Dulang Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Hasil dari penangkapan bandar narkoba tersebut Satres Narkoba Polres Muba mengamankan barang bukti narkoba sabu-sabu seberat kurang lebih 1 Kilogram pada Senin (9/3) sekitar pukul 19.30 di kebun karet Desa Pandang Dulang Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Muba.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penangkapan terhadap tersangka setelah Satres Narkoba Polres Muba melakukan penyelidikan dan menjadi target operasi (TO) selama kurang lebih satu bulan.

Setelah mendapatkan informasi mengenai keberadaan para tersangka, Satres Narkoba yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba AKP Dedi Herianto SH langsung melakukan penangkapan terhadap para tersangka.

Ketika hendak dilakukan penggerebekan bersama dua orang rekan lainnya, diketahui para tersangka sedang berpesta narkoba. Tim yang langsung melakukan penggerebekan melihat para tersangka kocar-kacir ketika anggota datang.

Sedangkan 1 orang tersangka yakni Abdurahman mencoba melakukan perlawanan, namun aparat Satres Narkoba Polres Muba memberikan tindakan tegas terukur terhadap tersangka. Sedangkan 1 orang lainnya yakni Hendri bin Mustofa berhasil melarikan diri, akan tetapi sebelum melarikan diri tim sempat memberikan tembakan dan mengenai kaki tetapi masih bisa melarikan diri.

Tim yang melakukan pengejaran terhadap Hendri tidak bisa menemui tersangka dikarenakan kondisi malam yang gelap. Dari lokasi penangkapan ditemukan barang bukti narkoba seberat 1 Kilogram, beserta barang bukti sandal dan pakaian beserta bungkus teh bermerek dari Cina.

Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIK, didampingi Kasat Narkoba AKP Dedi Herianto SH, mengatakan penangkapan terhadap bandar narkoba yang dilakukan oleh Satresa Narkoba Polres Muba setelah tim mendapatkan informasi akan masuknya narkoba ke Kabupaten Muba. Tim yang mendapatkan informasi tersebut melakukan TO selama kurang lebih satu bulan.

“Selama 1 bulan kita melakukan penyelidikan akhirnya kita mendapatkan identitas para tersangka dan pergerakannya. BB tersebut dibawa langsung dari Palembang menggunakan jalur darat dengan memakai sepeda motor,” kata Yudhi, Selasa (10/3).
Lanjutnya, Tim Satres Narkoba yang melakukan Undercover Buy terhadap tersangka Hendri disepakati transaksi di lokasi dalam kebun karet Dusun III Desa Tebing Bulang Kecamatan Lawang Wetan Kabupaten Muba.

“Tim yang menyamar langsung melakukan penggerebekan terhadap tersangka ternyata masih ada 1 tersangka lain. Tim langsung menangkap para tersangka, namun tersangka Hendri berhasil melarikan diri tetapi dilakukan tembakkan dan mengenai kaki akan tetapi tersangka Hendri masih bisa melarikan diri karena saat itu malam gelap,” katanya.

Sedangkan tersangka Abdurahman yang saat itu berada didalam pondok di kebun karet mencoba melawan anggota, sehingga tim yang bertugas mengambil tindakan tegas dan terukur terhadap tersangka Abdurahman. “Satu tersangka Abdurahman mencoba melawan tim akibatnya kita lumpuhkan,”ujarnya.

Ketika disinggung mengenai jaringan narkoba yang dilakukan oleh pea tersangka, pihaknya menerangkan bahwa jaringan tersebut merupakan jaringan internasional yang berasal dari Palembang. “Ya, ini jaringan internasional bungkus dalam kemasan saja merk tea dari cina,”tambahnya.
Pelaku saat ini telah diamankan di Mapolres Muba bersama barang bukti narkoba sabu-sabu seberat 1 Kg.

“Tersangka kita jerat dengan pasal 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) UU nomor 35 tahun 2009. Tersangka diancam hukuman mati atau penjara seumur hidup atau 6 tahun maksimal 20 tahun. Dari ungkap kasus yang dilakukan ini kita berhasil menyelamatkan 4.000 anak bangsa dari bahaya narkoba,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

“Revitalisasi BKB itu  Jangan Sepihak-Sepihak , Semua Itu Diajak Ngomong, Rembuk , Biar Enggak Salah Juga”

Palembang, BP Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tengah merencanakan melakukan penataan Benteng Kuto Besak (BKB) untuk menjadi destinasi wisata baru Kota ...