Home / Headline / Abdul Hakim Berdialog Dengan Petani Cabai Pringsewu Lampung

Abdul Hakim Berdialog Dengan Petani Cabai Pringsewu Lampung

Dialog Anggota DPD RI Abdul Hakim dan tim Bank Indonesia dengan kelompok tani cabai mitra binaan BI di Pekon Srikaton, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, Selasa (3/3/2020).

Lampung, BP–Anggota DPD RI Abdul Hakim didampingi tim dari Bank Indonesia berdialog dengan kelompok tani cabai mitra binaan Bank Indonesia di Pekon Srikaton, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu, Selasa (3/3/2020), dihadiri Kepala Pekon Srikaton Ade, Perwakilan Dinas Pertanian Pringsewu, dan puluhan petani cabai.
Perwakilan dari Bank Indonesia, Anas, menjelaskan, Bank Indonesia merupakan pembina UMKM terus melakukan pendampingan terhadap mitranya kelompok tani cabai. “Hari ini alhamdulillah kita kedatangan Bapak Abdul Hakim yang ingin mendengar langsung aspirasi bapak ibu sekalian, selain itu kita akan bahas perkembangan selanjutnya,” ujar Anas.
Abdul Hakim mengungkapkan kebahagiaannya dapat berkumpul bersama petani. “Apa yang menjadi aspirasi bapak ibu akan kami catat dan teruskan kepada pihak terkait baik pusat maupun daerah, karena tugas saya salah satunya berkaitan dengan UMKM,” tegas Abdul Hakim.
Dalam acara dialog tersebut terungkap, masalah utama petani cabai ditempat itu sulitnya mendapat air. Hal ini terlihat ketika Abdul Hakim dan rombongan Bank Indonesia meninjau ladang tanaman cabai bersama beberapa petani, pohon cabai banyak yang terlihat mengering.
Selain mengunjungi petani cabai di Pekon Srikaton, Abdul Hakim juga mengunjungi Pekon Adiluwih, Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu, dalam rangka penyerapan aspirasi terkait pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020. “Kami menyerap aspirasi masyarakat dan daerah di Lampung untuk melakukan pengawasan berkaitan dengan Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang desa, Pengawasan atas pelaksanaan UU No 16 tahun 1997 tentang statistik khususnya berkaitan data statistik UMKM dan pengawasan pelaksanaan kegiatan Sensus Penduduk 2020. Kami membutuhkan masukan dan saran sekaligus mendapatkan implementasinya seperti apa di Lampung khususnya di Pekon Adiluwih ini,” jelasnya.
Camat Adiluwih, Gandung Hartadi berterima kasih atas kunjungan Abdul Hakim ke wilayahnya. “ini sebuah kebanggaan bagi kami karena telah dikunjungi wakil daerah pak Abdul Hakim,” ungkap Gandung.
Dia menambahkan, Pekon Adiluwih termasuk dalam kategori desa mandiri dan memiliki keunggulan di ketahanan sosial khususnya kesehatan. “Pekon ini sudah memiliki dokter, bidan, puskesmas rawat inap dan fasilitas kesehatan lainnya sehingga menunjang untuk mendapatkan predikat sebagai desa mandiri,” jelasnya.
Kepala Pekon Adiluwih, Dedi Sutrisno mengatakan, untuk pelaksanaan Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) sudah sesuai aturan yang berlaku. Aplikasi Siskeudes sangat membantu aparat desa untuk membuat APBDes. “Siskeudes sangat membantu kerja kami, jika ada penginputan yang tidak sesuai dengan aturan maka sistem akan secara otomatis menolak,” kata Dedi.
Dedi menambahkan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020, pihak aparat desa sudah mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat. “Kami terus melakukan sosialisasi dan pemantauan bahkan tadi malam kami melakukan rakor dengan seluruh ketua RT untuk pelaksanaan sosialisasi ke seluruh warga,” ujarnya
Dedi berharap agar anggota DPD Lampung membantu program dan pendanaan dari pemerintah, khususnya program yang tidak dapat dicover oleh dana desa . “Kami ingin desa kami jadi destinasi wisata karena letaknya strategis yakni diantara 3 kabupaten yakni Pringsewu, Lampung Tengah dan Pesawaran. Selain itu mohon akses jalan ke Pesawaran yang akhirnya ke Bandara Beranti bisa diperbaiki sehingga mampu menjadi alternatif alur distribusi usaha hasil pertanian ke Metro, selain ke Pringsewu yang selama ini sudah berjalan,” paparnya.#duk

x

Jangan Lewatkan

Pabrik Aspal Karet Muba Salah Satu Kontribusi Nyata Pulihkan Ekonomi Nasional di Masa

Masa Depan Petani Karet Sumsel Diharapkan lebih Sejahtera Sekayu, BP–Kegelisahan petani karet akibat harga yang terus anjlok akhirnya ditemukan solusinya ...