Home / Headline / 120 Advokat Baru Dilantik Oleh Ketua PT Palembang

120 Advokat Baru Dilantik Oleh Ketua PT Palembang

BP/DUDY OSKANDAR
Sebanyak 120 orang dilantik dan diambil sumpah menjadi advokat di Palembang, Rabu (4/3). Pengambilan sumpah dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, DR H Soedarmadji, SH Mhum, di Ball Room Hotel Aston, Palembang.

Palembang, BP
Sebanyak 120 orang dilantik dan diambil sumpah menjadi advokat di Palembang, Rabu (4/3).

Pengambilan sumpah dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Palembang, DR H Soedarmadji, SH Mhum, di Ball Room Hotel Aston, Palembang.

Sebelum pengambilan sumpah dilaksanakan, pagi harinya 120 advokat tersebut dilantik menjadi anggota Peradi. Pelantikan dipimpin oleh Wakil Ketua Umum BPN Peradi, Zul Armain Aziz, SH, MH.

Para anggota yang dilantik berasal dari berbagai profesi sebelumnya, ada dari mantan hakim, pengusaha dan mantan Ketua DPRD Palembang.

Dari 120 yang disumpah 114 beragama Islam, 4 beragama Protestan, seorang beragama Khatolik dan satu orang beragama Hindu.

Para peserta yang disumpah mengucapkan janji akan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara. Berjanji akan bertindak jujur, adil dan bertanggung

“Dalam Demi Allah saya bersumpah. Memegang teguh mengamalkan psila sebagai dasar negara. Bahwa akan profesional dalam menjalankan profesi. Tidak memberikan janji dan memberikan barang sesuatu kepada siapapun. Bertindak jujur, adil dan bertanggungjawab. Akan menjaga tingkah laku dan menjalankan kerwajiban dan menjaga martabat sebagai advokat,” kata para advokat baru ini bersamaan.

Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, DR H Soedarmadji, SH Mhum mengatakan, sesuai dengan perubahan zaman, yakni kini berada dalam era tekhnologi informasi maka peradilan juga menyesuaikan diri dengan perkembangan tekhnologi. Untuk itu, para advokat juga menyesuaikan diri.

Pembaruan dalam modernisasi diharapkan pengacara beradaptasi diri. Misalnya diharapkan para pengacara mendaftarkan akun yang berguna untuk beracara nantinya.

Disebutkan juga pengadilan mulai tingkat pertama sudah meningkatkan pelayanan. Untuk itu para advokat dapat menyesuaikan diri.

Dikatakan dalam menegakkan hukum, sangat dilarang KKN dan pihaknya berkomitmen memberantas mafia hukum. Para advokat diminta melaporkan kalau ada mafia peradilan.

Menurutnya,  semua harus meningkatan kualitas terhadap ethika. Dan tidak arogansi, karena akan menurunkan harkat dan martabat siapa yang melakukan.

Pihaknya sering mendapat laporan dari pihak yang kalah. Namun menurutnya kalua kalah dapat ditempuh mencari keadilan melalui prosedur. Sementara kalua ada bukti prilaku hakim yang “un professional” laporkan untuk perbaikan pengadilan itu sendiri.

“Kita ingin situasi institusi bebas kkn dan bersih. Marwah pengadilan kita jaga besama,” katanya.
Pada acara itu DPC Peradi Palembang juga melaunching website DPD Peradi Palembang.

Ketua Peradi Palembang Hj Nurmala SH MH, mengatakan, dari 33 Peradi di Indonesia yang mempunyai website baru tiga. Yaitu DPN Peradi, DPC Surabaya dan DPC Palembang. #osk

x

Jangan Lewatkan

Warga Prabumulih Antusias Sambut Kedatangan Alex Noerdin

  Prabumulih, BP–Kedatangan mantan Gubernur Sumsel 2 periode 2008-2018 H Alex Noerdin di kota Prabumulih disambut antusias oleh seluruh warga ...