Home / Headline / Hari  Ini Forwida Sumsel Gelar  Festival Seguntang 2020

Hari  Ini Forwida Sumsel Gelar  Festival Seguntang 2020

BP/ IST
Para pengurus Forwida Sumsel

Palembang, BP

Forum Pariwisata dan Kebudayaan (Forwida) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  Hari ini  Jum28 Februari hingga 1 Maret 2020 menggelar Festival Seguntang dengan berbagai kegiatan yang dapat menarik pengunjung, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Ketua Umum Forwida Sumsel, Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi, MT mengatakan, Forwida Sumsel adalah mitra pemerintah dan mendukung program budaya pariwisata di Sumsel.

Mengenai Forwida Sumsel mengangkat kegiatan Festival Seguntang di ulang tahunnya yang pertama, karena masyarakat Sumsel saat ini tidak mengenai dirinya, padahal orang negara lain mengakui Bukit Seguntang sebagai asal usul leluhurnya Parameswara.

Festival Seguntang dilakukan selama tiga hari dimana tanggal 28 Februari di gelar lomba mewarnai dengan peserta anak-anak PAUD dan TK , gratis dan launching perangko limited edition dengan tema, Sejarah Sumsel dalam perangko dari Kantor Pos Palembang.

“ Jam 14.00 pembukaan oleh pak Gubernur, kemudian pengukuhan anggota Forwida dan untuk pertama tahun ini kita akan memberikan Forwida Award kepada pejuang kebudayaan dan pejuang pariwisata ada 8 orang yang akan kita calonkan untuk menerima itu,” katanya, Kamis (27/2).

Tanggal 29 Februari digelar lomba photo dengan tema Situs Bukit Seguntang, lomba musik dan nyanyian batang hari sembilan , lomba menghias pempek dengan tema Bukit Seguntang.

“ Malamnya ada lomba pantun bahasa Palembang dan diselingi wayang Palembang, “ katanya.

Lalu tanggal 1 Maret ada city tour mengeliling daerah yang bersejarah di Palembang.

“ Kita disuport oleh Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV, kita istirahat di sana, makan siang dan solat, rupayanya tanggal 3 maret itu adalah milad dari Kesultanan Palembang Darussalam, itu dimajukan oleh Sultan menjadi tanggal 1 Maret, jadi kita habis makan siang kita langsung acara disana, sekaligus beliau (SMB IV) meluncurkan buku,” katanya.

Malamnya digelar acara penutupan dan pembagian hadiah kepada para pemenang dan dalam kegiatan ini pihaknya banyak dukung berbagai pihak.

Dia menjelaskan daerah dengan sebutan “Bumi Sriwijaya” itu cukup banyak memiliki objek wisata, baik budaya, sejarah, maupun alam.

Beberapa objek wisata andalan atau yang cukup dikenal wisatawan asing, katanya, dalam menghadapi pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu, secara bertahap dibenahi.

Untuk membenahi objek wisata di kota ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kota Palembang serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel.

Dia mengatakan pembenahan objek wisata Benteng Kuto Besak (BKB) yang telah dilakukan beberapa tahun lalu dengan melakukan penambahan maskot ikan belido yang merupakan jenis ikan khas Palembang dan mulai langka, perlu dilanjutkan dengan menambah fasilitas pendukung.

Pihaknya juga akan mendukung pengembangan objek wisata Bukit Seguntang yang merupakan titik tertinggi di Kota Pelembang dengan ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan laut.

Selain bisa melihat suasana kota dari puncak objek wisata itu, katanya, pengunjung Bukit Seguntang bisa melihat tujuh makam yang dikaitkan dengan tokoh-tokoh raja, bangsawan, dan pahlawan Melayu-Sriwijaya, yakni makam Raja Sigentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Pangeran Raja Batu Api, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang, dan Panglima Tuan Djundjungan.#osk

x

Jangan Lewatkan

Komisi I DPRD Sumsel Kunjungi KPID DKI Jakarta

Palembang, BP Pimpinan dan anggota Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  melakukan kunjungan kerja ke Komisi Penyiaran Indonesia Daerah ...