Home / Headline / Februari 2020, Pelebaran Jalan Palembang-Betung Dilaksanakan

Februari 2020, Pelebaran Jalan Palembang-Betung Dilaksanakan

BP/DUDY OSKANDAR
Ketua Komisi IV DPRD Sumsel MF Ridho

Palembang, BP

Setelah empat kali gagal lelang, proyek pelebaran Jalan Palembang Betung segera akan berjalan setelah lelang yang dilakukan di Januari 2020 lalu berhasil dilakukan. Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) beberapa hari lalu telah meninjau proyek pelebaran Jalan Palembang Betung tersebut.
“ Bulan Februari ini pihak kontraktor sudah melakukan persiapan awal untuk pelaksanaan pelebaran jalan mulai dari Jalan KM 12 sampai 21 Km arah ke Betung, jadi totalnya 33 km,” kata Ketua Komisi IV DPRD Sumsel , MF Ridho, Minggu (16/2).
Saat peninjauan proyek pelebaran Jalan Palembang Betung beberapa hari lalu Komisi IV DPRD Sumsel didampingi Kepal Balai Besar Jalan dan jajaran dijelaskan rencana-rencana pelebaran jalan dan peningkatan jalan yang ada.
“ Jadi Km 12 sampai Km 14 itu sesuai standar jalan nasional 2-7-7-2, 2 meter bahu jalan , 7 -7 meter itu , 7 X3 =21 , itu badan jalan, 2 lagi itu bahu jalan , mengerucut nanti sampai ke Jembatan Gasing, Km 14 itu semua jalan sampai ke Km 21 itu diseragamkan jalan itu pelebarannya semuanya menjadi 7 meteran, yang saat ini ada 5 meter dijadikan 7 meter, ada 5,5 meter jadi 7 meter, ada 6 meter jadi 7 meter, karena tidak seragam lebar jalan sampai ke arah Betung itu, dan semua badan jalan itu semuanya nanti di aspal baru,” katanya.
Dan tahun 2021 menurut politisi partai Demokrat ini, dilakukan pelebaran jalan lagi dari 7 meter melebarkan lagi bahu-bahu jalannya.
“ Selanjutnya karena keadaan jalan dimana lokasi lahannya itu belum memadai dan dananya belum mencukupi, mulai jembatan Gasing diseragamkan 7 meter semua sampai km 21 sesuai panjang efektif dalam kontrak di mana menggunakan dana APBN yang besarnya kami tidak paham tapi yang jelas itu yang disampaikan, yang jelas pagunya lebih kurang Rp200 miliar tapi kami tidak tahu kontraknya karena khan ini lelangnya lelang terbuka , bukan lelang terbatas sehingga kami tidak mendapatkan informasi yang persis tentang nilainya,” katanya.
Pelebaran Jalan Palembang- Betung ini menurutnya merupakan pekerjaan kontrak multi year dimana untuk jangka waktunya pihaknya tidak paham yang lebih tahu Balai Besar Jalan.
“ Tapi esensinya kami ingin memastikan bahwa pekerjaan pelebaran jalan ini memang ada ,” katanya.
Pelebaran jalan Palembang-Betung ini menurut Ridho ditunggu masyarakat mengingat ruas jalan Palembang Betung ini setiap hari macet.
“ Mudah-mudahan tahun 2020 ini selesei pelebaran jalan tersebut, minimal kemacetan itu akan berkurang, sambil menunggu penyelesaian jalan tol Kapal Betung, Palembang Betung ini kalau tolnya tahun 2021 selesai tentunya akan siknifikan kemacetan itu berkurang,” katanya.
Sedangkan untuk pembebasan lahan untuk pelebaran Jalan Palembang Betung menurutnya sudah disiapkan Pemkab Banyuasin.
“ Jalan tersebut saat ini mungkin ada yang berjualan, itu akan ditertibkan dan jalan yang dilebarkan memang sudah merupakan jalan negara, tidak perlu lagi membebaskan tanah masyarakat,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Update 9 Agustus: Pasien Positif Covid-19 Sumsel Tambah 19 Jadi 3.694 Jiwa

Palembang, BP   Pasien positif Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bertambah 19 orang. Hal ini diketahui berdasarkan laporan media harian Satgas ...