Jalan Tol Kapal-Betung Ditargetkan Selesai 2021

6

BP/IST
MF Ridho

Palembang, BP

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) MF Ridho mengatakan pengerjaan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal -Betung) ditargetkan selesai tahun 2021.

“ Cuma karena ini bukan proyek penanaman modal dalam negeri, ini khan proyek jalan tol Kapal-Betung ini proyek investasi dari Waskita, jadi tidak ada APBNnya, tidak ada dana pinjaman dengan pihak bank manapun, maksudnya ini murni swasta, kalau Jalan Tol Palembang Indralaya, Jalan Tol Kayu Agung-Lampung itu anggarannya melalui anggaran negara baik APBN maupun dana pinjaman negara,” katanya, Minggu (9/2).

Baca:  Tuduh Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya Maling Dana Bansos, Akun Facebook Ini Dilaporkan Ke Polisi

Menurut Ridho, soal tarip tol di Jalan tol Kapal –Betung ini akan diterapkan sama dengan jalan tol lain, karena sama-sama investasi, walaupun negara yang membangun.

“ Tidak ada ceritanya jalan tol itu subsidi, “ kata politisi Partai Demokrat ini.

Untuk jalan tol ini terhadap lokasi jalan tol yang riskan untuk ditimbun atau rawanya dalam mereka menggunakan sistim tiang tapi kalau rawanya tidak terlalu dalam dan memenuhi standar untuk ditimbun maka ditimbun menggunakan sistim vakum.

Baca:  DPRD Sumsel Pertanyakan Dasar Limbah Batubara Tidak Masuk Katagori Limbah B3

“Tehnis saja itu yang jelas dia bisa menjadi lantai untuk jalan,” katanya.
Sebelumnya Pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Kapal Betung (Kayu Agung – Palembang – Betung) seksi II (Jakabaring-Musilandas) di Desa Pegayut, Pemulutan, Ogan Ilir (OI). Pembangunan tol ini dengan panjang 111,69 km itu masih terus dikebut.

Tol Kapal Betung merupakan salah satu megaproyek infrastruktur jalan tol yang pembangunannya diperkirakan menelan biaya Rp 7-8 triliun.

Baca:  Soal Pemecatan Lanjutan, MF Ridho : Kewenangan DPP Partai Demokrat

Tol ini juga akan menjadi jalan tol terpanjang di luar Pulau Jawa, dan terpanjang kedua di Pulau Sumatera setelah Bakauheni-Terbanggi Besar.#osk