Empat Lawang Ajukan 675 Orang Untuk Tenaga Kesehatan Dan Pendidikan Ke Kemenpan RB

8

 

H Joncik Muhammad

Palembang, BP

Bupati Kabupaten Empat Lawang , H Joncik Muhammad mengakui kalau Sumber Daya Manusia (SDM) kabupaten Empat Lawang sangat kekurangan sayangnya di tahun 2020 untuk formasi tenaga kesehatan dan pendidikan di kabupaten Empat Lawang belum tercover hanya tenaga tehnis saja diterima.
“ Tapi pihak Kemenpan RB dan deputinya kita sudah bertemu, Insya Allah penerimaan tahun 2020 di gelombang II sesuai kebutuhan Empat Lawang soal tenaga medis, kesehatan dan guru, prinsip penerimaan itu dengan sistim CAT pure betul, “ katanya Jumat (7/2).
Diakuinya kabupaten Empat Lawang banyak membutuhkan tenaga kesehatan dan pendidikan yang sekarang baru terpenuhi 30 persen.
“ Tapi pengajuan kita untuk PNS Empat Lawang tahun 2020 ini 675 orang untuk kesehatan dan pendidikan,” katanya.
Apalagi kesehatan dan pendidikan menurutnya merupakan standar IPM dan diatur undang-undang dimana APBD harus 20 persen untuk pendidikan dan 10 persen untuk kesehatan.
“ Kalau ingin maju suatu negara atau daerah harus memprioritaskan kesehatan dan pendidikan, itu urusan wajib bagi pemerintah daerah,” katanya.
Apalagi belum puskesmas di kabupaten Empat Lawang memiliki dokter, masih ada dua puskesmas di Empat Lawang yang belum memiliki dokter.
“Waktu aku masuk hanya 5 puskesmas yang ada dokter sekarang sudah 8 , “ katanya.
Untuk dokter spesialis , Joncik mengakui diberikan insentif satu bulan Rp30 juta dan kini semua dokter spesialis ada di Kabupaten Empat Lawang di Rumah Sakit Umum Empat Lawang.
“Kita sedang mengolah dokter sub spesialis diabetes, karena kita sudah punya alatnya cuci darah, selesai bulan depan kita bisa cuci darah sendiri,” katanya sembari mengatakan, selama ini masyarakat Empat Lawang berobat ke Pagaralam, Lubuk Linggau.#osk

Baca:  1, 4 Tahun Pimpin Empat Lawang, Joncik Akui Janji Kepada Masyarakat Beberapa Sudah Ditunaikan