Ultimate magazine theme for WordPress.

Pertamina RU III Peringati Bulan K3 yang ke 50 Tahun

Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju menggelar kegiatan Pembukaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2020, di Fire Ground HSE TC Sungai Gerong, Kamis (30/1)

General Manager Refinery Unit III Plaju Joko Pranoto, kegiatan ini merupakan program nasional untuk Pertamina, khususnya RU III. Kegiatan Bulan K3 2020 menjadi sebuah momentum yang spesial, karena tahun ini Bulan K3 tepat berusia 50 tahun.

“50 tahun ini sejak ada UU tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja itu, Nomor 1 tahun 1970. Dengan usia ini kami berharap dapat menjadikan Indonesia semakin terhindar dari kejadian-kejadian kecelakaan kerja, husus di RU III,” kata Joko.
Dikatakan kegiatan ini dilakukan sampai 29 Februari dan ada banyak kegiatan selama Bulan K3. Seperti tentang pemadaman kebakaran bukan oleh tim fire combat, melainkan oleh tim management dan assistant management.
“Untuk memberikan contoh, role model, bahwa leader-leader kita ready jika terjadi kejadian yang harus segera diselesaikan,” ujarnya.
Joko mencontohkan, kegiatan lain yang akan dilaksanakan berupa training tentang fire man terhadap masyarakat sekitar. Kemudian, pihaknya juga akan menggelar open house terhadap demo room Pertamina.

Baca Juga:  Anggota MPR Akui Tidak Mudah Wujudkan Amandemen

Demo room, lanjut Joko, merupakan gedung khusus untuk orang-orang yang belajar tentang aspek-aspek keselamatan kerja. “Nanti kita akan open house. Jadi, kita undang masyarakat sekitar untuk masuk ke demo room, belajar tentang aspek-aspek K3,” ujarnya.

Joko mengatakan, total ada 16 kegiatan yang melibatkan tidak hanya pekerja, tetapi juga keluarga pekerja, anak-anak sekolah, dan masyarakat sekitar. “Ada lomba tentang keselamatan kerja, tentang lingkungan, kemudian ada tentang lalu lintas yang bagus, kemudian ada penyuluhan narkoba, dan sebagainya. Pada Bulan K3 ini, lanjut Joko, aspek yang dilaksanakan meliputi aspek safety, enviromental, operational head, maupun security.

Baca Juga:  62,4 Persen Masyarakat Puas Atas Kinerja Jokowi-Ma’ruf Amin Berdasarkan Survei Charta Politika

Joko menilai, kegiatan yang dilaksanakan pada Bulan K3 ini, merupakan sebuah momen untuk merefresh dan sebagai pengingat, bahwa Pertamina harus tetap sigap. Tetap sigap ketika ada kejadian. Tetap aware supaya tidak ada kejadian, dan kalaupun ada kejadian kita sigap menanggulanginya,” katanya. (Ril)

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...