Ultimate magazine theme for WordPress.

98.646 Guru Honor di Sumsel Terancam Diberhentikan, PGRI Sebut Pendidikan Akan Lumpuh

Ketua PGRI Sumsel H Ahmad Zulinto

Palembang, BP–Sebanyak 98.646 guru honor di Sumatera Selatan terancam diberhentikan. Hal tersebut menyusul pernyataan Kementerian PAN-RB dan DPR yang menyetujui akan menghapus tenaga kerja honorer, pegawai tidak tetap serta status kepegawaian lainnya dari tubuh pemerintahan.

Jika wacana tersebut dilakukan maka tak hanya berdampak nasional tapi juga puluhan ribu guru honor di Sumsel dari jenjang SD/MI, SMP/MTs dan juga SMA/MA/SMK akan kehilangan pekerjaannya.

Wacana ini pun membuat gaduh para guru honor dan juga sekolah. Pasalnya, nasib guru honor semakin tragis dan sekolah terancam lumpuh tanpa guru honor. Sehingga membuat Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menolak keras pernyataan tersebut.

Baca Juga:  Polda Sumsel dan Bank Mandiri Kerjasama KUR dan Pelatihan Wirausaha

“Jadi kita mendengar Ketua PB PGRI Ibu
Unifah Rosyidi mengomentari pernyataan Kemenpan RB bahwa hati-hati mau menghapus guru honor, diberhentikan atau ditiadakan. Kami PGRI Sumsel sangat mendukung PB PGRI karena kalau tidak diberdayakan maka saya yakin pendidikan akan lumpuh,” tegas Ketua PGRI Sumsel H Ahmad Zulinto, Jumat (24/1).

Zulinto yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang ini menambahkan bahwa pihaknya mengerti betul kondisi sekolah. Bahwa rata-rata semua sekolah kekurangan guru. Terutama SD yang sangat jelas kekurangan guru.

Baca Juga:  Podcast Riset & Inovasi "Mempermudah Kamu Berbelanja dari Rumah tanpa Harus ke Pasar dengan Aplikasi Jamas (Jago Masak)"

“Seharusnya guru honor itu diangkat PNS, bukan malah diberhentikan. Mereka berjuang bahkan 10 sampai 15 tahun tiba-tiba diberhentikan, harusnya diangkat PNS tanpa harus seleksi. Seharusnya Kemenpan RB harus benar-benar melihat kondisi di lapangan,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris PGRI Sumsel Lukman Haris menyebutkan bahwa total guru honor di Sumsel dari semua kategori berjumlah 98.646 guru dari 17 kabupaten/kota.

Baca Juga:  Ahmad Zulinto Terpilih Aklamasi Nakhodai Perpani Kota Palembang

“Terbanyak ada di Palembang dengan total guru honor sebanyak 15.981 guru,” jelasnya.

Secara rinci Lukman Haris menyebut dari 98.646 total guru terdiri dari jenjang SD sebanyak 53.508, jenjang SMP 24.441, jenjang SMA 13.355, jenjang SMK 6.910 dan jenjang SLB 490. #sug

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...