Home / Headline / Tiga Paket Perbaikan Jalan Palembang Sampai Perbatasan Jambi Selesai Akhir Tahun 2020

Tiga Paket Perbaikan Jalan Palembang Sampai Perbatasan Jambi Selesai Akhir Tahun 2020

BP/IST
Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PJN Wilayah I Sumsel, Deddy Mandarsyah.

Palembang, BP

Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V melalui PJN I Sumsel menargetkan semua tiga paket proyek perbaikan jalan lintas timur, mulai dari Palembang Sumsel, sampai perbatasan Provinsi Jambi selesai di akhir tahun 2020. Hal ini dikatakan oleh Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PJN Wilayah I Sumsel, Deddy Mandarsyah.
“Semua paket itu sudah kontrak pada 30 Desember 2019 kemarin, dan target rencana selesainya 31 Desember 2020 ini,” katanya, Selasa (14/1/).
Adapun nilai kontrak dari tiga paket tersebut, dirinya menjelaskan, untuk paket kontrak jalan Palembang Betung sebesar Rp124 miliar, Betung sampai Peninggalan sebesar Rp209 miliar dan Peninggalan sampai Jambi sebesar Rp193 miliar.
“Semua paket tersebut memakai anggaran APBN tahun 2019-2020,” katanya.
Namun, untuk tiga paket tersebut memiliki panjang jalan dan panjang efektif atau pengerjaan yang berbeda. Untuk panjang jalan Palembang Betung sekitar 55 kilo meter dengan panjang efektif 21 kilo meter.
“Dan untuk panjang jalan Betung Peninggalan 77,74 km dengan panjang efektif 36 km, dan panjang jalan Peninggalan Jambi 90,15 km dengan panjang efektif 39 km. Ini paket multiyears tahun 2019-2020 walaupun kontraknya di ujung Desember 2019,” katanya.
Sejauh ini, pihaknya sedang fokus pengerjaan di daerah KM 14 Banyuasin, Sungai Lilin dan Bayung Lincir, karena daerah tersebut paling rawan lubang dan kemacetan.
“Saya ingin jika target lancar dan tidak ada lagi lubang besar sudah bagus semua, artinya sebelum lebaran walupun belum selesai, paling tidak lubang lubang sudah bisa ditangani, jadi target kita lebaran bisa di fungsional kan dan para pemudik bisa lancar,” katanya.
Selain jalan lintas bagian timur Kabupaten Muba, sambung dia, di tahun ini juga terdapat perbaikan jalan lintas bagian tengah yakni Betung – Mangun Jaya dengan nilai kontrak sebesar Rp23 miliar.
Adanya pengerjaan di sepanjang jalan lintas tersebut dipastikan membuat arus lalu lintas menjadi tersendat, oleh karena itu pihaknya berharap masyarakat atau pengendara yang melintas untuk bersabar.
“Titik -titik yang menjadi prioritas pengerjaan kita adalah lokasi kerusakan yang berada di simpul kemacetan, seperti di Bayung Lencir,” katanya.
Sebelumnya diberitakan, Permasalahan permaslahan di Jalan Lintas Timur Palembang-Betung Kabupaten Banyuasin memang tak pernah ada habisnya untuk dibahas. Beragam komentar menjadi perbincangan hangat warga jika terjebak kemacetan.
Dari Pantauan dilapangan, hujan yang mengguyur membuat tanah di sepanjang jalan aspal tak hanya menjadi licin, becek dan berlumpur, tetapi karena sering dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat, membuat tanah menjadi berlubang dan tergenang air.
Bupati Banyuasin, Askolani sendiri mengatakan dirinya telah mengusahakan berkomunikasi dengan Kementerian PU dan Presiden untuk perbaikan dan pelebaran Jalintim dari Palembang sampai ke Betung.
“Ada bantuan dari pusat sekitar 155 Miliar untuk pembangunan jalan, tapi hal itu mau proses tender terlebih dulu, di bulan Januari sudah perbaikan. Memang perbaikan baru sampe Sukajadi, Insya Allah kata Mentri nanti sampe ke Betung. Saat ini sudah ada 5 jembatan sudah di lebarkan nanti jalan menyusul jalannya yang dilebarkan,” katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Kapolda Sumsel Hadiri Gelar Operasi Triwulan Ke-2 Tahun

Palembang, BP Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel)  Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S., MM didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol ...