Home / Headline / Pelaku Pembajakan Tugboat Dan Tongkang Diperairan Sungai Musi Ditangkap

Pelaku Pembajakan Tugboat Dan Tongkang Diperairan Sungai Musi Ditangkap

BP/IST
Amri (44) dan Hendi Sofyan (46) ditangkap anggota Direktorat Polairud Polda Sumsel setelah dilaporkan membajak sejumlah tugboat dan tongkang pengangkut batubara saat melintas di perairan Sungai Musi  tepatnya di kawasan Desa Tanjung Durian, Kabupaten Muba.

Palembang, BP

Amri (44) dan Hendi Sofyan (46) ditangkap anggota Direktorat Polairud Polda Sumsel setelah dilaporkan membajak sejumlah tugboat dan tongkang pengangkut batubara saat melintas di perairan Sungai Musi  tepatnya di kawasan Desa Tanjung Durian, Kabupaten Muba.

Informasi yang dihimpun kejadian berawal pada 28 Desember 2019 saat Tugboat Beni Putra yang dinahkodai Karnadi menarik Tongkang Makmur Jaya yang mengangkut batubara dari Palembang dengan tujuan perairan Desan Keban.

Namun saat melintas di Desa Tanjung Durian datang pelaku Amri menaiki tugboat Beni Putra dan memerintahkan Karnadi melabuhkan tugboatnya dan menghubungi perusahaanya, yakni PT Batubara Mandiri agar menemui pelaku Amri untuk membayar uang retribusi setiap kali melintas di Desa Durian.

Karena pihak perusahaan menolak bertemu, pelaku menahan satu Tugboat Beni Putra. Keesokan harinya, Tugboat Petaling dan Tugboat Ketapang yang menarik Tongkang Leo juga milik PT Batubara Mandiri melintas, sehingga kembali ditahan oleh pelaku.

Hal yang sama dialami Tugboat Titian Abadi dan Putra Sampoerna serta Tongkang Sejahtera 1415 yang melintas pada Rabu (1/1).

“Karena sudah banyak tugboat dan tongkang ditahan oleh pelaku, pihak perusahaan membuat laporan resmi ke kita dan langsung dilakukan penyelidikan,” kata Direktur Polairud Polda Sumsel Kombes Pol Imam Thabroni melalui Kasubdit Gakkum AKBP Rifka Fatoni, Selasa (6/1).

Atas laporan tersebut, Rifka melanjutkan, pihaknya mulai melakukan penyelidikan dengan memancing pelaku keluar dari persembunyian untuk menemui pihak perusahaan dengan alasan perusahaan akan menyerahkan uang yang diminta.

Hingga kedua pelaku sempat mau menemui perwakilan perusahaan di Rumah Makan Simpang Tiga Desa Babat Tomat, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Muba pada 4 Januari. “Keduanya kami tangkap di sebuah rumah makan di desa Babat Tomat, Kecamatan Babat Toman Kabupaten Muba, Sabtu (4/1) sekitar pukul 15.30.Terkait oknum kades yang disebut pelaku memberi perintah, saat ini masih kita dalami,” katanya.

Atas perbuatan tersebut, kedua pelaku akan dijerat Pasal 441 KUHP Jo Pasal 368 KUHP tentang pembajakan di sungai atau pemerasan serta Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan senjata tajam.

Tersangka Amri yang tercatat sebagai warga Kampung III, Desa Bumi Ayu, Kecamatan Lawang Wetan, Kabupaten Muba ini mengaku diperintah seorang oknum kades agar meminta uang retribusi kepada setiap tugboat yang melintas di desa tersebut.#osk

 

 

 

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ketua DPRD Sumsel Laksanakan Qurban

Palembang, BP   Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  Hj. RA. Anita Noeringati, SH, MH melaksanakan ibadah Qurban di Masjid ...