Ultimate magazine theme for WordPress.

Akses Jalan ke Tanah Abang Terancam Putus

Akses jalan menuju Desa Tanah Abang, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muaraenim terancam putus akibat terkikis tanah longsor.

Muaraenim, BP– Ruas jalan akses ke Desa Tanah Abang, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Kabupaten Muaraenim terancam putus akibat terkikis tanah longsor. Bahu jalan tersebut jatuh kejurang sepanjang 28 meter mengakibatkan kondisi jalan berbahaya untuk dilalui kendaraan.

Menurut Sekretaris Kecamatan SDL, Supani mengatakan, jalan milik provinsi tersebut kondisinya membahayakan karena bahu jalan selebar 1 meter dan panjang 28 meter telah terbis jatuh kejurang akibat longsor. Lalu bahu jalan atas ditimpa tanah longsor dari atas sepanjang 7 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1 meter.

Baca Juga:  Tanah Longsor di Lahat Timbun Mobil Pick Up

“Terbisnya jalan ini akibat longsor terjadi sejak hujan deras melanda wilayah SDL  dimalam tahun baru,” kata Supani diwawancarai, Kamis (2/1).

Menurutnya, hujan lebat selain membuat tanah jalan terkikis dan tertimbun tanah longsor, juga membuat akses ke desa Tanah Abang sempat terputus. Sehingga warga setempat dibantu personel Polsek Semendo langsung membersihkan tanah dijalan dengan berbekal alat seadanya.

Baca Juga:  Banjir Bandang Dan Longsor Hantam Satu Desa Di OKUS

“Meski demikian kondisi jalan tetap membahayakan sehingga kami tetap membutuhkan peralatan berat,”ujarnya. Disamping itu, kata dia,  pihaknya juga telah melaporkan kejadian tersebut dengan Pemerintah Kabupaten Muaraenim dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sementara itu, Kepala BPBD Muaraenim H Tasman menuturkan kondisi jalan ke desa Tanah Abang sudah mendapat pengecekan langsung dari petugas lapangan BPBD Muaraenim. Menurut Tasman, pihak dinas terkait sudah melakukan pengukuran bahu jalan yang rusak untuk dilaporkan ke pemerintah provinsi.

Baca Juga:  PT KAI dan PT BA Harus Tanggung Jawab

“Bantuan alat berat akan segera diterjunkan oleh dinas terkait dari Pemprov Sumsel, saat ini petugas tengah melakukan pengukuran jalan yang rusak untuk segera diperbaiki,” jelasnya.#nur

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...