Home / Headline / 17 Kabupaten Kota  Harus Bersatu Dalam Satu Bingkai Pembina Adat Sumsel

17 Kabupaten Kota  Harus Bersatu Dalam Satu Bingkai Pembina Adat Sumsel

BP/DUDY OSKANDAR
Musyawarah Adat dalam rangka  Pembentukan Pembina Adat  Sumatera Selatan di ruang Karang Anyar, Hotel Swarnadwipa, Palembang, Kamis (26/12).

Palembang, BP

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Musyawarah Adat dalam rangka  Pembentukan Pembina Adat  Sumatera Selatan di ruang Karang Anyar, Hotel Swarnadwipa, Palembang, Kamis (26/12).

Acara dihadiri tokoh adat 15 kabupaten dan kota di seluruh Provinsi Sumsel.

Acara dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata  Sumsel  Aufa Syahrizal  SP.

Menurut Aufa para tokoh-tokoh adat ini akan dimintai saran dan pendapatnya terkait pembentukan pembina adat Sumsel dimana Sumsel memiliki 17 kabupaten dan kota yang memiliki adat istiadat yang berbeda dan beragam.

“ Ini harus kita satukan,” katanya Aufa.

Karena ini adalah musyawarah adat menurut Aufa harus fokus  untuk segera membahas AD/ART yang sudah sudah disusun draftnya oleh panitia untuk selanjutnya dibahas yang akan menjadi pedoman dalam menjalankan organisasi ini.

 

BP/DUDY OSKANDAR
Musyawarah Adat dalam rangka  Pembentukan Pembina Adat  Sumatera Selatan di ruang Karang Anyar, Hotel Swarnadwipa, Palembang, Kamis (26/12).

Setelah itu dilakukan pembentukan kepengurusan Pembina adat Sumsel yang semua kepengurusan tersebut harus ada keterwakilan dari kabupaten kota.

“Silahkan ini dibahas , masalah program kerja , masalah kenapa lembaga adat ini dibuat itu tidak dibahas dulu, karena kepengurusan ini akan dilantik dan dikukuhkan  oleh Gubernur Sumsel secara langsung di Griya Agung,” katanya.

Menurut Aufa, Gubernur Sumsel mengharapkan 17 kabupaten kota di Sumsel lembaga dan pemuka adat harus bersatu  dalam satu bingkai pembina adat Sumsel.

“ Setelah musyawarah ini akan dilanjutkan dengan rapat koordinasi adat disitulah akan berbicara program kerja, mau dibawa kemana lembaga adat ini,” katanya.

Sedangkan pimpinan rapat sekaligus Sekretaris Dewan Adat Sumsel, H Albar S Subari SH SU mengatakan, dalam  musyawarah  adat tersebut mengusung  tema “Melalui Rembuk Adat Kita  Revitalisasi Kelembagaan Pembina Adat Menuju  Sumsel Maju Untuk Semua “ .

Kegiatan menurutnya akan berlangsung tanggal 26 sampai 27 Desember 2019 di Hotel Swarnadwipa Palembang.

“ Pesertanya adalah pengurus/pemangku adat aktip dengan membawa surat tugas  dari instansi pemerintah yang berwenang dan peserta membawa pakaian adat kabupaten kota setempat,” kata Albar.#osk

x

Jangan Lewatkan

Pencuri Pakaian Dalam Wanita Diamankan

Palembang, BP   Seorang bujang tua, Hasril Rangkuni (52 ) membuat resah warga Jalan Sersan KKO Badaruddin Kelurahan Sungai Buah ...