Home / Headline / Sesjen Ma’ruf Cahyono Akui Tugas Protokoler Melelahkan

Sesjen Ma’ruf Cahyono Akui Tugas Protokoler Melelahkan

Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono ketika menjadi Keynote Speech dalam acara Forum Koordinasi Protokoler Lembaga Negara.

Jakarta, BP–Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI Ma’ruf Cahyono mengakui tugas dan peran prokoler sangat penting dan menentukan sukses tidaknya sebuah acara pimpinan lembaga.

“Itulah sebabnya banyak peserta yang tidak hadir karena sakit. Saya bisa memahami ketidakhadiran mereka, karena memang tugas prokoler berat, melelahkan dan bisa stres,” ujar Ma’ ruf ketika menjadi Keynote Speech dalam acara Forum Kordinasi Prokoler 2019 di Gedung MPR Jakarta, Ksmis (19/12.

Ma’ruf hanya bisa tersenyum saat panitia penyelenggara melaporkan 10 staf di bagian prokoler berhalangan hadir lantaran alasan kesehatan kurang fit. Namun Ma’ruf menilai wajar-wajar saja mengingat tugas bagian protokoler kian padat seiring bertambahnya pimpinan MPR periode 2019-2024 yang kini menjadi 10 orang.

Menurut Ma’ruf koordinasi antar lembaga MPR, DPR dan DPD telah berlangsung cukup baik sehingga acara bisa berjalan sesuai harapan. Buktinya acara pelantikan presiden dan anggota DPR beberapa bulan lalu berjalan lancar. Itu semua karena kordinasi protokoler antara MPR, DPR dan DPD sangat baik. Dan kordinasi harus terus ditingkatkan.

Salah seorang peserta yang membidangi prokoler menyebutkan, tidak mudah bekerja di bidang protokoler. Selain harus cantik, ganteng dan menguasai bahasa asing juga memiliki indera keenam yang tidak didapatkan dalam bangku pendidikan.

“Saya berharap staf di bagian protokoler ditambah dan memenuhi peesyaratan tadi itu,” jelasnya.#duk

x

Jangan Lewatkan

Jajaran Danrem 044 Gapo dan PWI Sumsel Gelar Olahraga Bersama  

Palembang, BP Mempererat silaturahmi PWI Sumsel dan Korem 044/Gapo mengadakan pertandingan persahabatan berlangsung di halaman Makorem 044/Gapo, Jumat (7/8) . ...