Home / Headline / Buka Peparprov, Wagub Janjikan Bonus Atlet Berprestasi

Buka Peparprov, Wagub Janjikan Bonus Atlet Berprestasi

Suasana pembukaan Peparprov II di Taman Kota Prabumulih.

Palembang, BP–Sebanyak 324 atlet disabilitas di kabupaten dan kota di Sumsel resmi mengikuti multievent bergengsi Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) II di Kota Prabumulih pada 4-11 Desember 2019.

Kejuaraan atlet difabel se Sumsel tersebut resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya di Taman Kota Prabumulih, Kamis (5/12) sore dan dihadiri Walikota Prabumulih Ridho Yahya, Ketua Umum NPCI Sumsel Ryan Yohwari, Unsur Muswida, Ketua NPCI Kabupatan/Kota dan perwakilan KONI Sumsel.

Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya mengatakan bahwa tanamkan semangat, tanamkan sportifitas pada Peparprov.

“Kemarin Pak Gubernur sangat antusias pada Hari Disabilitas, dan ini akan saya sampaikan ke Pak Gubernur mudah-mudahan bisa diberikan reward kepada para juara 1, 2 dan 3,”jelasnya.

Ia menambahkan bahwa atlet disabbilitas harus sama dan tak boleh kalah dari KONI Sumsel bonusnya.

“Semoga dengan berpisahnya NPCI Sumsel dengan KONI Sumsel sejak 2015 lalu diharapkan prestasi atlet disabilitas bisa lebih maksimal,”jelasnya.

Senada dengan itu dikatakan Ketua Umum NPCI Sumsel Ryan Yohwari mengatakan bahwa multievent olahraga provinsi ini merupakan kejuaraan bergengsi kali kedua yang digelar setelah sebelumnya digelar di Muaraenim pada 2017 lalu.

“Meski dengan berbagai keterbatasan anggaran, akan tetap Peparprov II berjalan lancar. Tak lupa ini juga peran dan support Pemerintah Kota Prabumulih,”jelasnya.

Dikatakannya bahwa Peparprov II ini merupakan multievent yang digelar untuk mempersiapkan atlet hebat menuju Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) di Tanah Papua 2020 mendatang.

Peparprov II di Prabumulih kali ini diikuti oleh total atlet 324 dari 13 kontingen di Sumsel, terdiri dari Banyuasin 13 atlet, Lahat 22 atlet, Lubuklinggau 28 atlet, Muara Enim 40 atlet, Musi Banyuasin 16 atlet, Musi Rawas 26 atlet, Ogan Komering Ilir 36 atlet, Ogan Ilir 38 atlet, Ogan Komering Ulu 22 atlet, Ogan Komering Ulu Timur 16 atlet, Palembang 20 atlet, Pali 9 atlet, dan Prabumulih 38 atlet.

“Mereka yang tanding terdiri dari klasifikasi tuna daksa, tuna grahita, tuna rungu dan tuna wicara dengan 7 cabang olahraga yakni renang, atletik, catur, bulutangkis, tenis meja, goal ball dan voli duduk,”ujarnya.

Senada dengan itu dikatakan Walikota Prabumulih Ridho Yahya mengatakan bahwa tidak ada bedanya antara atlet umum dan atlet disabilitas sehingga ia pun sangat support baik Porprov dan Peparprov II.

“Kita support semua, kecuali penginapan. Kemarin saya tantang, jika kabupaten/kota tak memfasilitasi penginapan kami siap memberikan penginapan,”pungkasnya. #sug

x

Jangan Lewatkan

Hari ini, DPRD Sumsel Mulai Bahas APBD Perubahan Tahun 2020

Palembang, BP Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) MF Ridho memastikan pembahasan APBD Perubahan (P) Tahun 2020 mulai ...