Jelang Ujian, Sekolah Siapkan Treatment Khusus Bagi Siswa Filial

4

Kepala SMP Negeri 19 Palembang Drs Maju Simanjuntak, MSi

Palembang, BP–Jelang Pelaksanaan Ujian Semester Ganjil yang bakal digelar serentak pada 2-7 Desember mendatang, pihak sekolah terus meningkatkan kesiapan siswanya.

Bukan hanya siswa umum, ujian semester ganjil digelar serentak juga bagi siswa filial yang baru saja di-launching oleh Walikota Palembang H Harnojoyo beberapa bulan lalu. Baik itu jenjang SD maupun SMP.

Tak ingin gagal dalam membina siswa filial, pihak sekolah yang menjadi induk sekolah filial melakukan strategi khusus untuk menyiapkan siswanya siap menghadapi ujian semester ganjil dengan nilai maksimal.

“Kita sudah lakukan treatman khusus bagi siswa filial. Karena kita tahu mereka lama tak belajar setelah drop out,”ujar Kepala SMP Negeri 19 Palembang Drs Maju Simanjuntak, MSi, Kamis (28/11).

Ia menambahkan bahwa program treatman khusus tak hanya pada penambahan materi inti, materi pembelajaran pendukung tapi juga dukungan semangat sehingga minta belajar mereka tetap kondusif.

Baca:  Jelang UNBK, SMAN 3 Palembang Siapkan 120 Unit Komputer

“Kemarin sudah kita cek, dan semangat belajar mereka tinggi. Kita terus dukung karena secara psikologi siswa filial memang butuh support karena masa lalu yang drop out dan sebagainya,”jelasnya.

Dikatakannya bahwa pelaksanaan ujian semester ganjil untuk kelas 7 dan 8 akan dipusatkan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Palembang dan untuk kelas 9 dipusatkan di SMP Negeri 19 Palembang.

“Jadi karena siswa kelas 9 persiapan juga untuk ujian nasional maka dipusatkan di sekolah,”pungkasnya.

Sementara itu dikatakan Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang Drs H Herman Wijaya SPd MSi mengatakan bahwa pelaksanaan Ujian Semester Ganjil tahun 2019-2028 jenjang SD dan SMP dilakukan serentak.

Baca:  Jelang UNBK, SMAN 3 Palembang Siapkan 120 Unit Komputer

“Dilaksanakan serentak karena soal sudah dikoordinir oleh Disdik Kota Palembang secara gratis yang dibuat oleh tim pembuat soal, jadi soal-soal tersebut sudah dicetak, baik sekolah negeri dan swasta semua soal yang akan diujikan sama,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa untuk sekolah filial yang dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) merupakan sekolah yang menginduk di tiga sekolah, untuk SD menginduk di SD yang terdekat di Disdik Kota Palembang, SMP di SMPN 19 Palembang dan SMA menginduk di SMAN 11 Palembang

“Untuk ujian mereka sama dengan sekolah induk mereka, cuman untuk tempat ujian mereka ada sebagian di tempatkan di sekolah induk dan sebagian ditempatkan di SKB,” terang Herman.

Sambungnya, untuk jadwal pihak Disdik sudah mengatur jadwal sama dengan sekolah induknya tersebut. “Kita tidak mendahului dan juga tidak lebih awal, karena soal yang akan diujikan nanti sama dengan soal di sekolah negeri,”ujarnya.

Baca:  Jelang UNBK, SMAN 3 Palembang Siapkan 120 Unit Komputer

Dikatakan Herman, soal yang bakal diujikan nanti kata Herman semngacu pada soal pelaksanaan Ujian Nasional (UN). “Karena soalnya sama apabila ada sekolah yang terlebih dahulu atau belakangangan melaksanakan Ujian PAS takutnya soal akan bocor, beda dengan tahun-tahun sebelumnya pihak Disdik hanya menjadwalkan pelaksanaan ujian tanggalnya saja sedangkan soal dibuat oleh masing-masing sekolah,”tegasnya.

Ia menjelaskan bahwa jumlah SMP negeri yang ada di Kota Palembang ini ada 61 sekolah, untuk swasta ada 140 sekolah kemudian untuk SD Negeri 248 sekolah dan swastanya ada lebih kurang 100 sekolah. #sug