Polres Banyuasin Bekuk Dua Pelaku Pemilik Senpi Ilegal

30

Waka Polres Banyuasin Kompol Hadi Wijaya, Kabag Ops Kompol MP Nasution, Kasat Reskrim Polres Banyuasin AKP Ginanjar Aliya Sukamana saat melakukan press release kasus Senpi ilegal di Mapolres Banyuasin, Jum’at (15/11).

Palembang, BP–Polres Kabupaten Banyuasin mengamankan dua orang pelaku yang memiliki sejata api tanpa izin atau ilegal di Kabupaten Banyuasin.
Wakapolres Banyuasin Kompol M Hadi Wijaya mengatakan, tertangkap dua orang pelaku Sugio dan Supriyadi berawal dari laporan masyarakat yang merasa resah dengan kepemilikan senpi tersebut.
Kemudian kata Hadi, pada Kamis (14/11) sekitar pukul 20.00 , Jajaran Polres Banyuasin dan Polsek Betung melakukan penggebrekan terhadap dua orang tersangka di Kecamatan Betung.
“Penangkapan kedua orang ini berawal dari Informasi masyarakat dan Polres Banyuasin bersama dengan Polsek Betung menangkap keduanya ditangkap dari 2 lokasi yang berbeda,” katanya, Jumat (15/11).
Menurut Hadi, dari penangkapan tersebut petugas berhasil menyita puluhan peluru dengan jenis peluru caliber 303 dan peluru caliber 38 beserta alat – alat merakit senpi. “Kita masih melakukan proses lidik terkait peluru ini diperoleh dari mana,”katanya.
Pada kesempatan itu pula, Kasat Reskrim Polres Banyuasin, AKP Ginanjar Aliya Sukmana menambahkan, dari penangkapan tersebut, Sugio kedapatan memiliki Senpi rakitan laras panjang dan Supriyadi memiliki Senpi laras pendek dengan beberapa buah peluru.
“Sejauh ini senjata tersebut belum disalahkangunakan, tapi kedua pelaku telah melanggar Pasal 1 Undang-undang No 12 tahun 1951 tentang senjata api dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara,”tegasnya.
Sementara salah seorang pelaku bernama Supriyadi mengakui bahwa dirinya belajar merakit senjata api melalui video yang di tontonnya di YouTube.
“Saya rakit senjata ini dengan meniru apa yang ada di youtube dan rencananya senjata ini hanya ingin kami gunakan buat berburu dan melindungi diri,” katanya.#osk