Medali Catur Membengkak, Kontingen Palembang Protes Hentikan Pertandingan

5

Wakil Ketua Kontingen Palembang Ruby Indiarta.

Palembang, BP–Dinilai menyalahi aturan tak sesuai dengan buku panduan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Prabumulih, yang dikeluarkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel, Kontingen Palembang sebagai salah satu peserta mengajukan protes terjadinya pembengkakan cabang olahraga (cabor) catur.

Pasalnya, Technical Delegate (TD) Cabor Catur tanpa mengacu pada buku panduan Porprov melakukan pembengkakan 12 medali emas menjadi 66 medali emas.

Wakil Ketua Kontingen Kota Palembang Ruby Indiarta mengatakan bahwa pihaknya mengaku memprotes keras tindakan yang dinilai mencederai sportivitas olahraga pada perhelatan bergengsi Porprov di Kota Nanas tersebut.

“Aturan bukan panduan tak ada menyebut 66 medali emas. Artinya kami menuntut, khusus cabor catur tetap mempertandingkan sesuai denga yang sudah ditentukan yaitu 12 emas.
12 perak dan 12 perunggu,”tegas Rubi, Kamis (14/11).

Ia menambahkan bahwa Kontingen Palembang tidak terima apabila ada keputusan selain selain keputusan yang telah dibuat dalam buku panduan. Dan Palembang tidak akan mengikuti pertandingan lanjutan yg akan di lakukan oleh panitia diluar itu.

Menurutnya, KONI Kota Palembang telah melayangkan surat protes dengan nomor 109/KONI-PLG/XI/2019 kepada KONI Sumsel dalam hal ini Dewan Hakim untuk menindak tegas upaya pembengkakan medali yang tak sesuai regulasi tersebut. #sug