Nilai-nilai Pahlawan Harus Jadi Inspirasi Generasi Milenial Untuk Maju

36

Sarasehan kebudayaan memperingati hari pahlawan 2019 ‘Membangun Budaya Unggul Bangsa yang Dilandasi Nilai-nilai Kepahlawanan’, diselenggarakan Univesitas Taman Siswa (Unitas) Palembang, Sabtu (9/11), di Hotel Majestic, Palembang.

Palembang, BP–Sarasehan kebudayaan memperingati hari pahlawan 2019 “ Membangun Budaya Unggul Bangsa Yang dilandasi Nilai-Nilai Kepahlawanan, di selenggarakan Univesitas Taman Siswa (Unitas) Palembang, Sabtu (9/11) di Hotel Majestic, Palembang–Sarasehan kebudayaan memperingati hari pahlawan 2019 “ Membangun Budaya Unggul Bangsa Yang dilandasi Nilai-Nilai Kepahlawanan, di selenggarakan Univesitas Taman Siswa (Unitas) Palembang, Sabtu (9/11) di Hotel Majestic, Palembang–Sarasehan kebudayaan memperingati hari pahlawan 2019 “ Membangun Budaya Unggul Bangsa Yang dilandasi Nilai-Nilai Kepahlawanan, di selenggarakan Univesitas Taman Siswa (Unitas) Palembang, Sabtu (9/11) di Hotel Majestic, Palembang.
Dengan nara sumber akademisi ,Dr Tarech Rasyid, dan penggiat budaya utusan Dirjenbud Kemendikbud RI ,Wanda Lesmana dan budayawan Sumsel, Vebri Al Lintani, turut hadir Rektor Unitas Palembang Drs Joko Siswato Msi dan civitas akademika Universitas Tamsis Palembang dan para undangan.
Rekto Unitas Palembang, Drs Joko Siswanto Msi , setiap tahun Universitas Taman Siswa Palembang selalu menggelar acara hari Pahlawan. Tahun ini, pihaknya menggelar sarasehan dengan melibatkan para sejarawan, budayawan dan mahasisa Tamsis sendiri.
Menurut Joko, Indonesia termasuk negara yang belum maju. Seusai dengan cita-cita Presiden RI, Joko Widodo agar maju melalui SDM yang unggul.
“Kalau kita ingin maju kita butuh SDM yang unggul. Nah SDM yang unggul ini harus memiliki budaya, perilaku, sikap dan mental yang baik,” katanya.
Prosesnya ini, kata dia didapatkan dari pendidikan yang memiliki peran penting dalam membangun budaya unggul.
“Di Indonesia ini banyak pendidikan baik yang dalam pola bermacam-macam baik kekinian dan lain sebagainya. Semuanya boleh saja tapi yang penting kompetensi yang jelas,” katanya.
Lantas, manusia atau SDM yang unggul itu seperti apa? Ya, tentu manusia yang inovatif, kreatif, beradab dan memiliki moralitas yang tinggi.
“Karena itu kita ingin menuju kesana agar mendapatkan SDM yang unggul yang kita bangun dari generasi muda atau millenial saat ini,” jelasnya.
Namun, mengapa kita kaitkan dengan nilai pahlawan. Karena nilai pahlawan ini sungguh luar biasa hebatnya.
“Nilai-nilai pahlawan yang menonjol yakni
pantang menyerah/semangat juang tinggi, rela berkorban, keberanian, jiwa kebangsaan, kerjasama, tanpa pamrih pribadi. Nilai ini sangat luar biasa tapi belum menginspirasi anak-anak muda,” terangnya.
Sedangkan Dr Tarech Rasjid, Msi sebagai salah satu narasumber mengatakan nilai-nilai kepahlawanan saat ini sulit ditemukan dalam generasi millenial saat ini.
Karena itu , pentingnya membangun nilai-nilai kepahlawanan ini yang ditanamkan bagi generasi millenial.
Menurutnya, nilai-nilai kepahlawanan seperti kebebasan, kesetaraan, kreatif, kejujuran, kepercayaan, keberanian, membela kebenaran, patang menyerah dan pengakuan.
Karena itu, membangun budaya unggul berbasis nilai kepahlawanan bagi generasi muda yakni dimulai dari keluarga, pendidikan, politik, ekonomi bisnis sampai dengan seni dan budaya.
Sedangkan budayawan Sumsel Vebri Al Lintani nilai-nilai kepahlawanan adalah nilai-nilai universal yang dicontohkan oleh kisah-kisah yang tak hanya pada militer.
“Namun ada di cerita-cerita rakyat, dongeng, legenda, dan bahkan ada di sekeliling pada diri kita,” katanya,
Penggiat budaya utusan Dirjenbud Kemendikbud RI ,Wanda Lesmana mengatakan, sebanyak 463 Cagar Budaya Di Palembang Sudah Registrasi Nasional (regnas) .
“Kami selalu melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat melakukan pendataan cagar budaya dengan aplikasi yang ada sehingga peninggalan ini bisa tercatat dan tidak hilang,” katanya.#osk