Bupati OI: Kobarkan Semangat Kepahlawanan, Harumkan Nama Bangsa

4

Menabur bunga di makam para pahlawan.

Inderalaya, BP--Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) HM Ilyas Panji Alam, SH menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Pahlawan ke 74 tahun di halaman Kantor Kecamatan Inderalaya Utara, Sabtu(10/11). Sementara Perwira Upacara Kapten Inf Tamzil, Komandan Upacara Kapten Inf Mukhtar.

Bupati OI H Ilyas Pandji Alam saat berada di TMP Ksatria Seguguk bersama Kadinsos OI H Irawan Sulaiman dan ASN OPD Dinsos OI.

Bupati OI yang membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan bahwa setiap tanggal 10 November Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan berdasarkan, peristiwa pertempuran pertama dan terbesar 10 November 1945 di Surabaya setelah proklamasi dan menelan korban jiwa yang sangat besar.

Bertema Aku Pahlawan Masa Kini, masyarakat dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya setiap insan tertanam nilai kepahlawanan, menjadi pahlawan dapat dilakukan oleh warga Indonesia misalnya aksi nyata memperkuat keutuhan bangsa, menolong sesama yang terkena musibah, tidak anarkis, tidak menyebarkan hoax.

Baca:  Abdul Haris: Tidak Ada yang Dirahasiakan
Bupati OI H Ilyas Pandji Alam dan Kadinsos OI H Irawan Sulaiman.

Disebutkannya dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, maka bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa “pemenang” mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain.

Selain itu Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh-kembangkan Nilai-nilai Kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, bagi masyarakat maupun negeri ini. Peringatan ini sebagai bentuk pengorbatan para pahlawan bangsa. Hendaknya dapat menjadi semangat generasi muda OI untuk meneruskan cita-cita pahlawan,” kata bupati.

Baca:  Empat Anak Jalanan Nyasar dan Diamankan di OI

Kadis H Irawan Sulaiman Ssos Msi didampingi Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Sosial Leni Novita, SP dan Kasie Kepahlawanan dan Kesetiakawanan Sosial Hayani, Skm, Mkmmengatakan peringatan tersebut sebagai cerminan dan refleksi diri untuk berbuat lebih bagi negeri, demi kesejahteraan masyarakat OI.

Menurut Irawan, peringatan tersebut bukan hanya sekadar acara namun sarat makna dan substensi, harus bisa menggali dan memunculkan semangat baru nilai nilai kepahlawanan. Seluruh rangkaian kegiatan pahlawan harus menjadi energi semangat baru dan ptriotisme. Dalam diri setiap insan tertanam nilai nilai kepahlawanan, siapapun bisa menjadi pahlawan. “kedepan kita akan makin memberikan perhatian juga kepada TMP Ksatria Seguguk, terutama soal keberhasilan,” katanya.

Baca:  Ardani: Optimis Ogan Ilir Bangkit Kembali

Humas Mapolres Ogan Ilir AKP Zainal mengatakan di era kemerdekaan ini bangsa Indonesia harus berjuang untuk kemajuan, kesejahteraan dan persatuan bangsa. “kita jaga keamanan, persatuan dan kemajuan bersama masyarakat, “ujarnya
Setelah upacara itu, Bupati OI HM Ilyas P Alam didampingi Kadinsos OI H Irawan Sulaiman bersama Kajari OI Adityo Gunawan rombongan yang terdiri dari Forkopimda, Ketua DPRD, Veteran para pejabat, TNI, Polri dan tamu kehormatan lainnya, langsung melaksanakan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) OI Ksatria Seguguk. #hen