Panjat Tebing Kembali Sumbang Emas

10

Palembang, BP–Satu medali emas kembali berhasil didapat Sumsel dari cabang olahraga panjat tebing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) X 2019 di kawasan Stadion Semarak Bengkulu, Senin (4/11/2019) malam.

Atlet panjat tebing putra berhasil menjadi tercepat untuk nomor speed relay putra.

Sumsel yang dieksekusi oleh M Hinayah, Wira Hutanianto, dan Marta Dinata berhasil ungguli Sumatera Utara (Sumut) dengan selisih hanya kurang dari satu detik saja. Sumsel mencatatkan waktu 19.099 sementara Sumut 20 detik lebih. Sementara di posisi ke-3 ada Provinsi Bangka Belitung.

Sementara speed relay putri raih perunggu. Dua medali tersebut sebagai penutup perolehan medali untuk Cabor panjat tebing. Total medali yang didapatkan Cabor panjat tebing yakni 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Manajer Cabor panjat tebing Sumsel sekaligus Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumatera Selatan Beni Hernedi mengucap syukur atas perolehan yang didapat.

“Alhamdulilah jadi paling pertama sumbang emas di Porwil, jadi tidak ada prestasi tanpa persiapan dan latihan. Alhamdulillah kita siapkan selama ini,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa hampir satu tahun terakhir FPTI Sumsel melakukan Pelatda mandiri diantaranya untuk persiapan Porwil ini.

“Dan sering saya sampaikan bahwa target kita adalah PON. Hari ini bahwa medali itu untuk memacu semangat,” ungkapnya.

Beni mengatakan bahwa panjat tebing sudah semaksimal mungkin memberikan kontribusinya untuk Sumsel untuk keikutsertaan PON dan dalam perolehan 2 emas, 2 perak, 1 perunggu dengan tiket PON masing-masing.

“Untuk pemanjat tim putri kita sangat luar biasa bisa dapat perunggu dan ini jadi pr kami kedepan,” ungkapnya.

Meski diperkirakan 5 atlet akan melaju ke PON 2020, Beni menganggap ini bukan final karena akan banyak persiapan jelang PON.

“PON 2020 kita punya waktu tidak sampai 10 bulan. Persiapan ini sangat penting. Kita akan persiapkan dengan matang.Pada kesempatan itu pula KONI Sumsel memberikan bonus kepada para pemenang dari speed relay putra dan putri.#rel