Disdik Palembang Tunggu Terobosan Mendikbud Nadiem Makarim

6

Kadisdik Kota Palembang H Ahmad Zulinto

Palembang, BP–Munculnya nama Nadiem Karim di Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo – Makruf Amin sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI masa bakti 2019-2024, menjadi penantian terobosan baru di kalangan pendidikan.

Pasalnya, suksesnya Nadiem Karim membawa Go-Jek yang kini dikenal hingga dunia Internasional digadang-gadang seolah menjadi harapan tentang peluang dan tantangan generasi muda di era revolusi Industri 4.0.

Tak terkecuali bagi pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang yang kini menanti terobosan Mendikbud RI pengganti Muhadjir Effendi tersebut. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto, Senin (4/11).

“Sebelumnya kami ucapkan selamat atas dilantiknya Mendikbud yang baru Bapak Nadiem Karim di Kabinet Indonesia Maju. Seperti kita tahu bahwa saat ini kita sudah masuk era revolusi industri 4.0 dimana kemajuan teknologi sangat pesat. Dan kita tunggu terobosan dari Mendikbud RI yang baru,”ujar Zulinto.

Ia menambahkan bahwa di era disrubtion 4.0 ini, selain dibutuhkan sistem digital juga harus diimbango dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga mumpuni. Sehingga antara sistem dan SDM harus berjalan beriringan.

Meski kecanggihan teknologi pesat sebagai sebuah kecerdasan intelektual hatus juga diimbangi dengan kecerdasan emotional (emotional quotion) dan juga kecerdasan spiritual (spiritual quotion).

“Ya, kita tunggu saja nanti. Walau pun guru saat ini masih ada yang gaptek, harus segera belajar dan menyesuaikan. Boleh jadi nanti ada sistem aplikasi di pendidikan,”jelasnya.

Menurutnya, jika ada aplikasi pendidikan juga tentu akan dikaji oleh Kemendikbud. Dari wilayah kota hingga pelosok di daerah-daerah. “Saya yakin di pelosok juga bisa selama jaringan internet dan teknologi ada,”pungkasnya. #sug