Disdik Instruksikan SMP Gunakan e-Raport Semester Depan

7

Suasana Bimtek Kepala Sekolah dan tenaga IT yang digelar MKKS SMP bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Palembang di Aula Gedung Erlangga, Palembang.

Palembang, BP–Dinas Pendidikan Kota Palembang menginstruksikan kepada Kepala SD dan SMP se-Kota Palembang untuk mengganti raport dengan raport digital mulai semester depan. Artinya, semester depan siswa akan menerima e-raport sebagai hasil evaluasi belajar semesternya.

Kebijakan ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto melalui Kabid SMP Disdik Palembang Drs H Herman Wijaya, MSi saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepala Sekolah yang digelar oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dengan Disdik Kota Palembang di Gedung Erlangga, Kamis (31/10).

“Tahun ini semua sekolah harus sudah menggunakan e-raport. Memang sebelumnya kita pernah lakukan dan tahun ini kita serentak baik negeri maupun swasta,” ujar Herman.

Menurut Herman, kebijakan ini dilakukan sekaligus untuk memangkas anggaran pembuatan raport yang cukup menyerap dana besar. Pun berkas-berkas surat baik itu sekolah maupun dinas mulai berangsur menggunakan digital.

“Selain masalah efisiensi anggaran, era saat ini adalah era IT di mana satu demi satu berubah menggunakan IT. Dan kita harus ikuti kecanggihan zaman,” jelasnya.

Sementara itu Ketua MKKS SMP Kota Palembang Slamet Cahyono, SPd, MM mengatakan bimbingan teknis (bimtek) selain membahas tentang penggunaan e-raport juga membahas tentang tata kelola keuangan, sistem informasi pengadaan sekolah, dan juga penyusunan e-RKAS.

“Dan ini diikuti oleh sekolah negeri dan swasta. Bimtek ini kita gelar selama tiga hari dengan tujuan menciptakan manajemen sekolah yang profesional dan berbasis IT,”  jelasnya.

Ia berharap kepala sekolah bisa segera mengimplementasikan hasil bimtek yang telah diikuti sehingga manajemen sekolah bisa mengacu pada kebijakan dan aturan Mendikbud dan juga Dinas Pendidikan Kota Palembang. #sug