Tingkatkan Minat Baca, SMKN 3 Palembang Luncurkan Perpustakaan Digital

79

(Suasana siswa SMK Negeri 3 Palembang

Suasana siswa SMK Negeri 3 Palembang saat membaca buku di perpustakaan.

Palembang, BP–Tak bisa dipungkiri bahwa era literasi saat ini memaksa sekolah untuk terampil mengonsep perpustakaan guna meningkatkan minat baca. Pasalnya, sebagian siswa cenderung lebih menyukai gadget ketimbang harus membaca di perpustakaan.

Berangkat dari hal tersebut, pihak SMK Negeri 3 Palembang meluncurkan konsep perpustakaan digital berbasis web agar siswa lebih nyaman dan senang di perpustakaan.

“Ya, jadi senang ke perpustakaan karena kita bisa cek lewat website dan tempatnya juga nyaman,”ujar Dwi Ramayani, salah satu siswa SMK Negeri 3 Palembang saat dibincangi disela-sela belajar di perpustakaan, Rabu (30/10).

Ia menambahkan kedepan diharapkan koleksi buku bisa ditambah agar lebih bermanfaat lagi karena siswa bisa mencari data-data dan wawasan ilmu pengetahuan di perpustakaan tanpa harus mencari ditempat lain.

“Terutama koleksi tentang buku pengetahuan yang berkaitan dengan jurusan sehingga menambah wawasan kami,”jelasnya.

Sementara itu dikatakan Kepala Perpustakaan SMK Negeri 3 Palembang Nurdiana AMd mengatakan bahwa terobosan perpustakaan digital berbasis web ini merupakan langkah sekolah dalam gerakan literasi peningkatan minat baca siswa.

“Ada sekitar 4150 koleksi buku dari berbagai judul buku dan bisa diakses lewat web dan siswa bisa membaca lewat web maupun di perpustakaan,”jelasnya.

Ia mengakui memang jumlah koleksi buku yang ada belum bisa memenuhi kebutuhan siswa. Sehingga ia berharap jika ada pihak swasta maupun pemerintah yang akan berdonasi buku sangat diharapkan.

“Terutama buku-buku tentang pariwisata karena kita ada jurusannya sehingga mampu menambah khasanah wawasan siswa,”pungkasnya. #sug