Tingkatkan Kompetensi, Dorong Mahasiswa Siap Hadapi Pasar Kerja

18

Suasana pembukaan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa untuk lulus siap kerja oleh PT Panca Impartial Investama bekerja sama dengan Program Studi Teknik Sipil Polsri.

Palembang, BP–Memasuki era revolusi industri 4.0 memaksa mahasiswa sebagai generasi muda harus meningkatkan kompetensinya baik dalam hal hard skill maupun soft skill.

Berangkat dari hal tersebut, PT Panca Impartial Investama yang merupakan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan berkerja sama dengan Program Studi Teknik Sipil, Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) menggelar pelatihan.

Pelatihan yang digelar di salah satu ruangan di Gedung Teknik Sipil Polsri, Selasa (29/10), ini tak hanya diikuti oleh mahasiswa Teknik Sipil Polsri tapi juga mahasiswa lain di Palembang.

Baca:  Pangdam II Sriwijaya Ajak Mahasiswa Universitas Polsri Disiplin Dalam Capai Cita-Cita

“Ya, ini merupakan bentuk kontribusi kami dalam mendorong mahasiswa yang benar-benar siap menghadapi pasar kerja nantinya,” ujar Direktur PT Panca Impartial Investama Panca Tuah Tuha usai membuka pelatihan.

Ia menambahkam bahwa sebagaimana era saat ini mahasiswa harus memahami semua kompetensi terkait sehingga dihadirkan para pembicara dari berbagai perusahaan dan praktisi untuk menunjang kompetensi, kreatifitas, tantangan, dan karakter.

“Materi yang disampaikan tak ada di kuliah mereka. Dan di Polsri inu pertama, sehingga ini menjadi triger atau pemicu mahasiswa lain karena dari mahasiswa luar tadi sempat bertanya kenapa tak diadakan di kampusnya,” jelasnya.

Baca:  Tangkal Radikalisme, Polsri Hadirkan Pangdam II/Sriwijaya Pada Pengenalan Sisdikti

Sementara itu, Ketua Program Studi Teknik Sipil Polsri Arfan Hasan mengaku menyambut baik dengan adanya pendkdikan dan pelatihan ini.

Apalagi menurutnya Posri sebagai lembaga pendidikam tinggi vokasi harus benar-benar siap di lapangan dan meningkatkan kompetensinya sehingga lulusan yang siap kerja bisa meningkat.

“Tahun lalu, lulusan Teknik Sipil Polsri yang siap kerja mencapai 95 persen dengan masa tunggu tiga bulan,” urainya.

Baca:  Lulusan PDD Polsri Harus Cepat Masuk ke Dudi

Selanjutnya yang lulus dan langsung siap kerja mencapai 38 persen. Serta 3 persen mahasiswa sudah kerja sebelum mereka lulus. “Artinya sebelum lulus mereka sudah dibutuhkan perusahaan. Nah dengan ini kita harapkan ada peningkatan. Karena pelatihan ini juga akan dibekalo tentang karakter, keahlian, intelektual skill dan juga motorik skill,” pungkasnya. #sug