SMPN 33 Palembang Bidik Adiwiyata Nasional

24

Kepala SMP Negeri 33 Palembang Sudarmi, MPd mengajarkan siswa-siswinya merawat lingkungan dengan rutin menyiram bunga di taman sekolah.

Palembang, BP–Setelah berhasil meraih Adiwiyata tingkat provinsi pada awal 2019 dari Dinas Lingkungan Hidup Sumsel, SMP Negeri 33 Palembang kembali membidik predikat Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup 2020 mendatang.

Berbagai upaya dan kebijakan sekolah pun mulai diterapkan guna menunjang aspek penilaian menuju sekolah yang memiliki predikat Adiwiyata Nasional.

Kepala SMP Negeri 33 Palembang Sudarmi, MPd mengatakan saat ini pihak sekolah secara bertahap menyiapkan Tim Adiwiyata Nasional yang dibentuk oleh sekolah.

“Kita ingin semua aspek benar-benar siap. Sehingga kita pun melibatkan semua civitas sekolah termasuk siswa yang kita ajak untuk peduli lingkungan mulai dari hal yang kecil sekalipun,” terangnya, Selasa (29/10).

Ia menambahkan, selain keterkaitan aspek lingkungan hidup yang asri, pihak sekolah juga menekankan tertib administrasi, peningkatan SDM, dan juga peran semua civitas sekolah.

Sementara itu Ketua Kordinator Adiwiyata Nasional SMP Negeri 33 Palembang Hj Hasmawati mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke semua unsur civitas sekolah untuk ikut mendukung dan berkontribusi dalam menargetkan predikat Adiwiyata Nasional.

“Sehingga kita telah bentuk beberapa tim, mulai dari tim kompos, tim lingkungan, tim pertamanan, tim bank sampah, dan tim kantin,” urainya.

Selain itu, siswa juga dilibatkan untuk mendukung dengan melakukan operasi semut setiap Sabtu per minggu yang dilakukan oleh siswa per kelas secara bergilir.

“Jadi banyak sudah kita lakukan, termasuk senam sehat dan Yasinan bersama setiap Jumat di lapangan sekolah,” pungkasnya. #sug