Tidak Ada Potensi Hujan, Palembang Terancam Kiriman Asap dari OKI Kompleks

3

Briefing karhutla pagi di ruang Posko Karhutla Korem 044/Gapo.

Palembang, BP–Bertempat di ruang Posko Karhutla Korem 044/Gapo, Danrem Kolonel Arh Sonny Septiono seperti biasa melaksanakan briefing karhutla pagi untuk mematangkan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dan evaluasi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya, Kamis (24/10).

Briefing karhutla hari ni berbeda dari hari-hari sebelumnya, L.O BNPB Kolonel Inf Triadi dan Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf Michel Asmi turut serta hadir rapat.

Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono memaparkan rencana kegiatan pengerahan pasukan tambahan yang berasal dari Kodim Musi Banyuasin, Kodim Banyuasin, dan Kodim Mura.

Personel dari ketiga kodim tersebut akan diperbantukan untuk memperkuat penanganan karhutla yang terjadi di wilayah kabupaten OKI komples.

Untuk wilayah Muba  Mura, dan Banyuasin hasil dari pantauan satelit lapan, jumlah hot spot dan daerah yang terbakar sudah relatif berkurang.

Baca:  “Prihatin Dengan Politik Anggaran Untuk Karhutla di Sumsel”

“Dan kita masih tetap menyiagakan/stand by pasukan di daerah tersebut. Akan tetapi dengan memperhatikan perkembangan informasi dari BMKG beberapa hari terakhir ini dan pemaparan dari Tim TMC, bahwa dua hari kedepan kemungkinan kecil untuk terjadi hujan, hingga tanggal 26 Oktober. Dan berdasarkan pantauan satelit Lapan, untuk wilayah OKI kompleks, jumlah hot spot cukup besar dan wilayah yang masih terbakar saat ini juga masih banyak,” katanya.
Di samping itu juga, berdasarkan laporan BMKG bahwa angin dari timur dan tenggara sangat besar berembus dari wilayah OKI kompleks menuju ke Kota Palembang, sehingga sangat dikhawatirkan Palembang akan dipenuhi asap kiriman dari OKI yang terjadi pada pagi dan sore hari.

Baca:  Satgas Karhutla dan Perusahaan Bersinergi Padamkan Karhutla

“Kita sudah mempertimbangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan faktor-faktor tersebut,maka kita memutuskan untuk mengadakan pergeseran pasukan dari daerah yang hot spotnya sudah kecil,dan membantu ke wilayah OKI kompleks. Kita menggeser pasukan karhutla dan perlengkapannya ke wilayah OKI kompleks,yang nantinya akan kita sebar di kolam/sektor (istilah militer untuk pengerahan personil di wilayah tugasnya),” katanya.

Kolam ALFA meliputi daerah Air Sugihan,Muara Padang, Rambutan, Tulung Selapan, sebanyak 130 personil,dibawah pimpinan Dandim 0430/Banyuasin letkol Arh Alfian, Kolan BETA,meliputi daerah SP.Padang, Pampangan, Pkl.Lampam, S.Menang, Mesuji, Tj. Lubuk, Tlk Gelam, Kayu Agung, Pedamaran,sebanyak 177 personil ,dipimpin oleh Dandim 0402/OKI letkol Inf Riandy,Kolam CARLI,meliputi daerah S.Pasir, S.Lumpur, S.Jeruju, Cengal,sebanyak 90 personil,dipimpin oleh Dandim 0405/ Lahat Letkol Kav Sungudi dan Kolam DELTA, meliputi daerah Indra Laya Utara, Tj. Batu, Rantau Alai, Lubuk Keliat, Indralaya Selatan, Tanjung Raja,sebanyak 98 personil,dipimpin oleh Dandim 0406/Mura letkol Inf Aan Setiawan.

Baca:  Penyidikan Karhutla Terhambat pada Saksi Ahli

“Kita harapkan siang ini pasukan telah terfgelar dan langsung melaksanakan tugasnya disektor sector yang telah ditentukan. Sehimgga kita dapat meminimalisir perkembangan rambatan api dan bahkan mematikan sumber apinya serta mengurangi asap masuk ke wilayah kota Palembang,untuk 2 minggu ke depan,sambal menunggu hujan turu diawal bulan November,tandas Danrem mengakhiri penjelasannya berselang melanjutkan kegiatan Patroli Udara menuju ke Base ops Lanud Palembang,” katanya.#osk

k