Motor Curian Dijual Kembali Pada Pemiliknya

11

Kedua tersangka pelaku pencurian m9tor diamankan polisi.

Palembang, BP–Konyol apa yang dilakukan Rian Hidayat (21), warga Lorong Family, Kelurahan 12 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II, Palembang ini, Usai mencuri motor bersama rekannya, Iyan, ia malah menjual motor kepada korbannya sendiri.
Dua sekawan ini menjajakan motor hasil curian melalui media sosial Facebook dengan akun bernama Kandang Black milik Iyan. Naasnya, yang berminat membeli ialah Andika Adi Bagus Prayogi (18), pemilik motor yang dicuri oleh kedua pelaku.
Andika ketika melihat postingan Kandang Black, langsung mengenali jika sepeda motor itu merupakan miliknya. Dia mengetahui kendaraan tersebut kepunyaannya dari velg dan tabung shok belakang motor.
Setelah mengetahui itu motornya, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di kawasan Plaju  Palembang ini langsung menyamar menjadi pembeli. Dia lalu mengajak pelaku untuk bertemu di Jembatan Musi IV Palembang.
“Saya tahu itu motor saya dari velg dan tabung shok belakang. Jadi saya seolah-olah mau beli velg-nya saja, lalu kami janji ketemuan di atas Jembatan Musi IV,” kata Andika, Kamis (24/10).
Sebelum menemui tersangka pada Rabu (23/10) sekitar pukul 14.30, Andika terlebih dahulu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Seberang Ulu II Palembang. Kemudian dia menemui pelaku bersama anggota kepolisian untuk menangkap pelaku.
Tersangka Rian akhirnya berhasil dibekuk di atas Jembatan Musi IV, saat menunggu korban yang berpura-pura mau membeli velg motor. Kemudian tersangka bersama barang bukti satu unit sepeda motor Honda Vario 150 cc warna coklat dengan nomor polisi BG 5659 KAQ, dibawa ke Mapolsek Seberang Ulu II.
Menurut Andika, sepeda motor miliknya, dicuri pelaku pada Minggu (20/10) dini hari, saat terparkir di depan kos-nya di Lorong Arohim, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Seberang Ulu II Palembang.
Ketika itu, sekitar pukul 21.00 dia sempat keluar ke minimarket dengan berjalan kaki. Sepulang dari sana sekitar pukul 22.00 , motornya masih ada. Lalu dia bermain game di dalam kamar kos hingga tertidur. Setelah terbangun sekitar pukul 07.00 , motornya sudah tidak ada lagi di tempat.
“Saya bangun pagi itu karena di telpon teman ngajak pergi. Pas saya mau keluar kos, motor sudah tidak ada lagi,” katanya.
Andika sendiri kini sudah bisa bernafas lega. Selain motornya sudah kembali, salah satu pelaku pun sudah ditangkap. Rian berhasil diamankan anggota Unit Reskrim Polsek Seberang Ulu II. Sementara rekannya Iyan, yang menjadi otak pencurian, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).
Kapolsek Seberang Ulu II, Kompol Yenni Diarty, membenarkan penangkapan terhadap salah satu pelaku yang terlibat kasus pencurian sepeda motor. “Benar, anggota Unit Reskrim kita mengamankan salah satu pelaku curanmor, saat transaksi motor curian di kawasan Jembatan Musi IV,” kata Yenni.
Yenni menjelaskan, berdasarkan penuturan Rian, sepeda motor itu dicuri oleh tersangka Iyan, namun sudah dia beli. Kemudian dijual lagi melalui media sosial Facebook, namun menggunakan akun Facebook Iyan.
Yenni menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap rekan tersangka yang bertugas melakukan aksi pencurian sepeda motor tersebut. “Jadi tersangka Rian ini membeli motor itu dari pelaku Iyan yang masih kita kejar,” katanya.
Sementara itu tersangka Rian membantah jika dirinya terlibat dalam aksi pencurian sepeda motor korban. “Aku tidak tahu kalau itu motor hasil maling. Aku cuma disuruh Iyan antar velg sama orang mau belinya,” katanya.#osk