Home / Headline / Ajak Remaja Wanita Muaraenim Cegah Stunting Sejak Dini

Ajak Remaja Wanita Muaraenim Cegah Stunting Sejak Dini

Staf ahli berpose bersama sambil mengacungkan tangan cegah stunting.

Muaraenim, BPPara remaja wanita di Muaraenim diajak untuk memerangi atau mencegah stanting sejak dini melalui lewat Forum Generasi Bersih dan Sehat (Genbes). Soalnya para remaja tersebut nantinya akan berumah tangga dan melahirkan anak, sehingga sudah seharusnya memahami masalah stunting.

             Ajakan itu disampaikan Kasubid Informasi dan Komunikasi Kesehatan Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia Kemenkominfo, Marroli J Indarto pada acara diskusi pencegahan stunting berlangsung di Hotel Grand Zuri Muaraenim, Kamis (24/10).

            Acara yang mayoritas diikuti para pelajar dan kelompok remaja itu dibuka staf Ahli Pemkab Muaraenim, Alfaizal.

Menurut Marroli, saat ini setiap lahir 10 orang bayi maka tiga di antaranya mengalami stunting. Untuk itu masalah stunting telah menjadi salah satu program utama pemerintah.

                 Dijelaskannya, Kabupaten Muaraenim merupakan satu dari 30 kota di Indonesia yang dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan sosialisasi pencegahan stunting secara dini program Kemenkominfo.

Dia berharap dengan program Genbest tersebut, nanti para remaja bisa melakukan pencegahan stunting sejak dini. Terutama ketika para remaja tersebut telah memasuki jenjang rumah tangga.

Pararemaja dimasa kini merupakan investasi dimasa depan untuk melahirkan generasi

Indonesia selanjutnya yang terbebas dari stunting.Apalagi melihat ditahun 2030mendatang,

Indonesia akan mengalami bonus demografi.Oleh sebab itu, perlu upaya pencegahan munculnya sumberdaya manusia yang tidak kompeten ketika menghadapi bonus demografi tahun 2030.Tahun itu,diperkirakan 68 persenpenyangga ekonomi Indonesia adalah usia  produktif yang lahir saat ini.

Pemerintah tidak ingin sumberdaya manusia ini mundursebelum pertandingan global karena kalah kompetisiakibat stunting. Melihat hal tersebut, Kementerian Komunikasidan Informatika (Kemkominfo) melalui DirektoraInformasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia selaku koordinator kampanye nasional penurunan prevalensi stunting menyelenggarakan ForuSosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest).

            Sementara itu, Staf Ahli Pemkab Muaraenim, Alfarizal, mengatakan pencegahan stunting dapat dilaksanakan dengan cara melakukan pola hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan kluarga.

                 Dia berharap, agar para peserta yang mayoritas masih remaja, dapat memanfaatkan ruang diskusi tersebut untuk menambah pengetahuan tentang stunting.#nur

 

x

Jangan Lewatkan

KPK Imbau Cakada di 4 Wilayah Jujur Melaporkan Dana Kampanye, Termasuk Sumsel

Palangkaraya,BP  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengimbau para pasangan calon kepala daerah (cakada) di empat wilayah Provinsi ...