Guru Harus Pahami Psikologi Siswa Filial

9

Kadisdik Kota Palembang H Ahmad Zulinto.

Palembang, BP

Program sekolah filial yang baru aktif dua minggu di Kota Palembang terus mengalami perkembangan. Jika jenjang SD yang dipusatkan di SDN 238 Palembang akan dikembalikan ke sekolah terdekat tempat siswa tinggal berbeda dengan jenjang SMP.

Pasalnya, sebanyak 113 siswa filial jenjang SMP yang dipusatkan di SMP Negeri 19 Palembang kini terus mengalami adaptasi perkembangan. Bahkan, pihak sekolah telah menyiapkan guru yang paham tentang psikologi siswa filial.

“Jadi setiap guru kita bekali informasi tentang bagaimana kondisi mereka, ada yang putus sekolah lama, maka guru harus paham psikologi mereka agar beradaptasi dengan cepat,”ujar Kepala SMP Negeri 19 Palembang Drs Maju P Simanjuntak MSi, Sabtu (19/10).

Ia menambahkan bahwa saat ini sekolahnya telah mendata sebanyak 113 siswa program filial dari Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan Kota Palembang yang saat ini sedang diusulkan Dapodiknya agar tercatat sebagai siswa di SMP Negeri 19 Palembang.

“Dan pada prinsipnya kami senang dipercaya oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang menjadi pusat belajar bagi anak jalanan dan anak putus sekolah,”urainya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus mengupayakan agar program sekolah filial tetap menghasilkan lulusan yang berkualitas.

“Untuk SD memang kita pindahkan ke sekolah terdekat tempat ia tinggal dan kepala sekolah wajib menerima mereka,”jelasnya.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan seragam bagi siswa sekolah filial baik jenjang SD maupun SMP.

“Artinya program ini terus kita kembangkan dan evaluasi karena kita berharap siswa sekolah filial ini berprestasi,”pungkasnya. #sug