Rakor TMC di Lanud SMH Palembang, Siaga Darurat Bencana Asap

3

BP/ IST Rapat Koordinasi Pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca(TMC) untuk penanganan siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di ruang rapat Surya Darma Lanud SMH Palembang, Kamis (17/10).

Palembang, BP–Usai patroli udara ke wilayah Ogan Komering Ilir, Rambutan,Tulung Selapan, Pampangan, Cengal, Kamis (17/10), Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono bergegas menuju ke Lanud Sri Mulyono Herlambang untuk menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca(TMC) untuk penanganan siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan,yang dilaksanakan di ruang rapat Surya Darma Lanud SMH Palembang.

Kegiatan rapat ini diawali dengan paparan yang disampaikan oleh bapak Dwipa W Soehoed, staf dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi(BPPT), yakni prediksi kemungkinan hujan selama satu minggu ke depan, proses TMC yang sudah dilaksanakan selama ini dan peta potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan periode 15 s/d 20 oktober 2019, berdasarkan analisis parameter cuaca.

Baca:  Kasdam II Swj Bantah Penanggulangan Karhutla Merupakan Tanggungjawab TNI-Polri

Ada beberapa daerah kategori sangat mudah terbakar berdasarkan analisi parameter cuaca, yaitu Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kepu;auan Bangka Belitung, Pesisir Selatan Kalimantan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Jawa, dan Nusa Tenggara.

Berdasarkan analisis prakiraan cuaca,bahwa secara umum sebagian besar wilayah propinsi Sumatera Selatan memasuki awal musim hujan pada dasharian III Oktober – dasharian I Nopember 2019.Awal musim hujan secara umum di wilayah propinsi Sumatera Selatan mundur 3 dasharian (satu bulan). Di Periode ini (Oktober dasharian II – Nopember daharian I) kelambapan lapisan atas cukup basah di wilayah Barat – Utara wilayah Propinsi Sumatera Selatan. Dalam sepekan ke depan tanggal 17 – 22 Oktober 2019 masih terdapat potensi hujan ringan di Sumater selatan bagian Barat, Barat Laut dan Utara.

Baca:  Alex Ajak Masyarakat Awasi Karhutla

Turut hadir dalam kegiatan rakor tersebut Deputi Kepala BPPT bidang TPSA (Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam,bapak Ir Yudi Anantasena M.Sc,Kepala Balai Besar TMC BPPT bapak DR Tri Handoko Seto,Kasubdit prediksi cuaca BMKG bapak M.Fadli,Kepala BPBD prov Sumsel bapak Irriansyah,Danrem 044/Gapo,Danlanud Palembang, Kadisops Lanud Palembang para crew pesawat Tmc dan para staf dari BPPT serta BMKG.#osk

Baca:  Rencana Pengendalian Karhutla di Sumsel