DPRD Sumsel Desak Pemprov Sumsel dan Jajaran Segera Atasi Asap yang Makin Parah

2

Ketua DPRD Sumsel Anita Nuringhati. BP/Dudy Oskandar

Palembang, BP–DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan jajaran untuk segera mengkoordinasikan seluruh aparatnya guna segera mengatasi dampak dari kebakaran hutan dan lahat (Karhutla) terutama asap yang makin parah dan pekat terutama di kota Palembang

“DPRD Sumsel akan segera mengajak rapat koordinasi bersama seluruh pihak terkait dalam penanggulangan karhutla ini, karena kita melihat memang titik api sudah mengepung Palembang, di Pantai Timur sudah terbakar semua,” kata Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj RA Anita Noeringhati, Senin (14/10).

Baca:  Untuk Bebas Asap, Sumsel Dalam Posisi Siaga Merah

Malahan menurutnya, DPRD Sumsel sudah mewanti-wanti jauh-jauh hari kepada semua stekholder yang menangani karhutla di Sumsel, karena karhutla setiap tahun selalu menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang tidak pernah terselesaikan tuntas.

Karena menanganannya bukan hanya satu dinas, bukan satu personal tapi menyeluruh baik sipil dan militer.

“Sekarang untuk menangani ini, yang harus di pikirkan tidak hanya bagaimana memadamkan api, tapi bagaimana dinas-dinas terkait itu harus ikut menangani akibat asap, seperti Dinas Kesehatan itu harus membuat rumah oksigen, mempersiapkan masker, posko kesehatan dan harus terus menerus, Dinas Lingkungan Hidup harus juga mempersiapkan itu untuk turun ke lapangan dengan Dinas Sosial, Badan Bencana, Dinas Kehutanan,” kata Anita.

Baca:  Kabut Asap Terus Terjadi, PKS Gelar Aksi Tutup Mulut di Simpang Lima DPRD Sumsel

Anita juga mempertanyakan komitmen Dinas Kehutanan Sumsel terutama persiapannya sejauh mana dalam penanganan karhutla di Sumsel.

“Karena waktu kemarin kita mau menyampaikan anggaran pencegahan karhutla mereka mengatakan itu sudah selesai, kebakaran lahan dan hutan bukan urusan Dinas Kehutanan, itu tidak bisa, salah satu dinas tidak bisa mengatakan seperti itu, dia sebagai dinas tehnis dia harus mengatakan siap mengkoordinasikan dengan Dinas Perkebunan, Badan Bencana,“ katanya.

Baca:  OKI Masih Miliki Titik Api

Sebelum Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Sumsel terbentuk , pihaknya ingin mengetahui dinas terkait mempersiapkan dampak dari karhutla tersebut.
Sekarang menurut politisi Partai Golkar , bukan saatnya saling menyalahkan , tapi sekarang ini saatnya kita menangkal akibat asap terutama anak-anak sekolah.

“Saya sudah banyak menerima laporan masyarakat terkait makin pekatnya asap di Palembang, “ katanya.#osk