Disdik Palembang Evaluasi Sistem UTS, Ini Alasannya

4

Kabid SD Dinas Pendidikan Palembang Bahrin

Palembang, BP

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang akan mengevaluasi konsep Ujian Tengah Semester (UTS) atau selama setengah semester. Evaluasi dilakukan karena nilai UTS menjadi penentu kenaikan kelas.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kota Palembang Bahrin, SPd, MM, mengatakan, UTS menjadi pemantau penguasaan siswa terhadap materi pelajaran sehingga harus menjadi perhatian siswa.

Menurut Bahrin, siswa telah mengikuti beberapa konsep, pokok bahasan pelajaran di semster itu. Bagi guru, ujian ini berfungsi untuk memantau penguasaan siswa terhadap konsep atau pokok bahasan yang sudah dipelajari siswa.

“Kami mengimbau sekolah untuk melakukan evaluasi UTS dengan lebih fokus memberi pembelajaran bagi siswa yang memiliki nilai di bawah rata-rata,” kata Bahrin, Rabu (2/10/2019).

Dikatakannya, dengan adanya ujian tengah semester, siswa akan selalu belajar dan tidak menumpuk materi pelajaran untuk diulang di rumah. Otomatis ujian ini akan mengikis kebiasaan siswa untuk merapel mengulang materi pelajaran.

“Fungsi ujian UTS tak kalah pentingnya dengan ujian-ujian lainnya. Karena ujian tengah semester ikut menentukan hasil akhir pada rapor semester atau rapor kenaikan kelas,” urainya

Dia menambahkan, setiap sekolah telah memberikan patokan sekian porsen bobot nilai ujian mid semester. Jika persentase bobot mid semester besar, maka siswa harus mendapatkan nilai yang lebih baik dan sebaliknya. #son