Home / Headline / Limbah Cair PT BA Sesuai Standar

Limbah Cair PT BA Sesuai Standar

.

Muaraenim, BP–Tudingan yang selama ini dilontarkan pihak-pihak tertentu bahwa perubahan warna air Sungai Enim berkaitan erat dengan limbah cair tambang batubara PT BA Tbk Tanjung Enim yang dibuang ke aliran sungai itu terbantahkan. Pasalnya limbah cair yang dikeluarkan sudah memenuhi standar lingkungan yang ditetapkan pemerintah.

                 Penegasan itu diungkap  Manager Pengelolaan Lingkungan dan Penunjang Tambang PTBA, Amarudin, kemarin. “Kami pastikan limbah cair yang dikeluarkan dari PTBA sudah memenuhi standar kelayakan dari pemerintah,” ujar Amarudin.

                       Menurutnya, limbah yang dikeluarkan sebelumnya dilakukan pengelolaan mulai dari perencanaan hingga ke tahap pengawasan lingkungan, PTBA juga melakukan reklamasi dan vegetasi lingkungan.

                    Lahan yang sudah selesai dilakukan pertambangan dilakukan reklamasi dan vegetasi dengan melakukan penanaman ulang pohon penghijauan. Fungsinya, untuk mengembalikan lingkungan sebagaimana mestinya, sehingga ekosestem tidak terganggu.

                  Saat ini, lanjutnya, jumlah satwa liar yang masuk ke lahan hasil vegetasi berdasakan pantauan yang dilakukan, sudah ada burung elang, harimau ataupun jenis biota air yang masuk ke lahan vegetasi. Jumlah itu akan terus bertambah dengan adanya perkembangbiakan,

              Saat ini, lanjutnya, total luasan reklamasi dan vegetasi adalah 32 persen dari total seluruh lahan. Artinya bila di hitung secara luasnya 1.500 Hektar dan yang belum di tanami masih aktif hingga saat ini. Luasan yang diwajibkan sudah tercover dan  sudah memenuhi          target tahunan.

                Dijelaskannya, terkait dengan limbah yang kerap dirasakan oleh masyarakat, dibantahnya. “Kalau yang keluar dari PTBA itu sudah pasti sesuai standar, tapi limbah yang dikeluhkan bisa saja berasal dari aktivitas pertambangan perusahan lain. Karena sudah ada BLH yang turun langsung melakukan pengawasan ,” tegasnya.

               Selain itu PT BA juga melakukan pengawasan internal setiap terhadao limbah cair tersebut. Kemudian pengawasan juga dilakukan oleh lembaga independen setiap bulan yakni Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan B3 yang sudah memiliki akreditasi.

                Sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat, PTBA juga selalu melibatkan masyarakat dalam kegiatan green mining.#nur

x

Jangan Lewatkan

Kasus Dugaan Gratifikasi Fee Proyek Dinas PUPR Empat Lawang Berlanjut

Palembang, BP Tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel, Senin (3/4) kembali memanggil sejumlah nama untuk dimintai keterangannya terkait adanya dugaan ...