Ir Suparman Romans MM Resmi Jabat Dekan FKIP UKB Palembang

3

(Ketua Umum KONI Palembang Ir Suparman Romans MM bersama Wakil Rektor I UKB Palembang Feroka Wathan,.Eng saat menunjukkan lembar MoU dan MoA)

Palembang, BP

Sang peraih tahta 10 kali juara umum sepanjang ajang bergengsi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) terus berkomitmen dan bergerak cepat dalam meningkatkan pembinaan atlet berprestasi di Bumi Sriwijaya.

Berbagai terobosan, ide brilian serta program cemerlang pun terus dilakukan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Palembang sebagai kota rujukan pencetak atlet berprestasi baik dilevel regional, naasional maupun Internasional.

Kali ini KONI Kota Palembang pun menggandeng Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang, sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Palembang yang salah satu visinya juga mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berprestasi dibidang olahraga.

Komitmen tersebut dituangkan dalam Penandatanganan MoU Universitas Kader Bangsa Kota Palembang serta Penandatanganan MoA FKIP dengan KONI Palembang pada Minggu Sabtu (14/9) di Aula Gedung Utama UKB Palembang.

Acara tersebut juga sekaligus menobatkan Ir Suparman Romans MM sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UKB Palembang yang disaksikan oleh Wakil Rektor I Feroka Wathan B Eng, Wakil Rektor II Ferry Preska, ST MSC, Para Dekan dan Kaprodi civitas akadimika UKB Palembang.

Baca:  Pastikan Bonus Atlet Cair Sebelum Tahun Baru, Pelatih Diminta Sabar

Turut hadir juga Ketua Harian KONI Palembang Aliyuddin Asral bersama para pengurus KONI Palembang, Rekan Staf Khusus Walikota Palembang Ikhwanudin, Devi Iskandar, Herlan Asfiudin, Karimullah Simbolon, rekan akademisi DR Ir Irwin Bizzy MT teman satu alumni di fakultas teknik Jurusan mesin Unsri, Pengkot Cabor, dan para rekan-rekan aktivis.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum KONI Kota Palembang Ir Suparman Roman MM mengatakan bahwa Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani adalah wujud sebuah komitmen atas dasar kesamaan visi dan misi dalam hal pembinaan olahraga berprestasi antara KONI dan UKB.

“Dan diharapkan para atlet yang telah mengharumkan nama Palembang dilevel tertentu untuk diberikan beasiswa pendidik, mengakomodir anggota KONI Palembang yang ingin melanjutkan pendidikan baik jenjang strata satu maupun strata dua dan juga memberi ruang tenaga dosen sesuai dengan kapasitas yang dimiliki,”ujar Suparman.

Baca:  Berjalan Alot, Ini Hasil Rakor KONI Sumsel 2017  

Pria yang juga Staf Khusus Walikota Palembang ini menambahkan bahwa  menambahkan bahwa harus diakui bahwa karir atlet didunia olahraga tak selamanya gemilang. Sehingga beasiswa ini menjadi peluang bagi atlet untuk menempuh dunia pendidikan.

“Sehingga disaat karir mentok,  mereka atlet punya bekal, bisa usaha, profesional, atau pun sebagai seorang PNS,”urainya. 

Suparman mengaku bahwa kedepan, FKIP UKB akan terus menelurkan berbagai program inovatif baik itu mengenai peningkatan SDM maipun peningkatan lulusan. Sehingga nama UKB tak hanya terdengar sebagai kampus kesehatan saja tapi juga kampus prestasi olahraga baik itu diajang mahasiswa atau multievent seperti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas).

“Target terdekat kita akan konsolidasi dengan fakultas yang ada menyamakan visi. Dan juga kita akan menggelar kompetisi, menggelar pelatihan dan kerjasama dengan cabang olahraga,”urainya. 

Menurut Suparman amanah baru ini menjadi tugas mulia di dunia pendidikan setelah lama meninggalkan kampus usai meneruskan studinya. Mulai dari praktisi politik, praktisi olahraga dan saat ini praktisi pendidikan. 

“Dan tentu ini tugas mulia bagaimana kita akan turut berkontribusi baik dalam peningkatan kualitas maupun kuantitas mahasiswa di UKB,”jelasnya.

Sementara itu Rektor UKB Palembang Dr Hj Irzanita Wathan SH SE MKes diwakili oleh Wakil Rektor I Ferroka Wathan B Eng mengatakan, dipilihnya KONI Palembang lantaran wilayah kampus yang berada di Kota Palembang. Selain itu prestasi KONI Kota Palembang dalam melakukan pembinaan terhadap atlet juga dinilai cukup berhasil.

Baca:  Pertina Siap Dukung Palembang Juara Umum Porprov

“Jadi sangatlah tepat kami melakukan kerjasama dengan KONI Kota Palembang dalam mengembangkan prestasi atlet dan untuk menunjukkan komitmen kami juga telah membuka fakultas olahraga,” urainya Ferroka.

Selain itu sebagai Perguruan Tinggi memiliki amanah Tri Darma yang tak hanya soal pengajaran dan penelitian tapi juga pengabdian. “Sebenarnya kerjasama ini sudah dibangun sebelumnya tapi belum maksimal, karena ada yang juara karate kita berikan beasiswa. Nah sedangkan kita kerjasama langsung dengan induknya yakni KONI Kota Palembang,”pungkasnya. #sug