Home / Headline / Pese Fahum UIN Raden Fatah Gali Kearipan Lokal di Bumi Basemah

Pese Fahum UIN Raden Fatah Gali Kearipan Lokal di Bumi Basemah

Palembang, BP
Komunitas Pecinta Sejarah (PESE), Fakultas Adab Dan Humaniora (Fahum) UIN Raden Fatah Palembang menggelar kegiatan Jelajah Sejarah Pagaralam yang bertema Menggali Kearifan Lokal Di Bumi Besemah demi mewujudkan Generasi Berwawasan Gelobal bersama Balai Adat Besemah, Jumat (6/9).
Menurut, Suryo Arief Wibowo sebagai ketua pelaksana mengatakan, kegiatan, ini merupakan program dari Komunitas Pecinta Sejarah (PESE) agar dapat mendalami budaya lokal sumatera selatan yang ada dibumi Besemah Pagaralam.
Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yaitu tanggal 3-5 September 2019 ketika menyampaikan kata sambutan pada kegiatan tersebebut.
Diawali dengan membahas budaya lokal di Besemah ternyata, masih terdapat hukum dan aturan-aturan adat yang sampai saat ini masih sangat dijaga serta ditaati oleh masyarakatnya.
“Jika seorang laki-laki memegang istri orang lain maka akan dikenakan denda sebesar dua ringgit atau 3 juta” ujar Bapak Sataruddin selaku tetua adat menjelaskan salah satu aturan adat yang masih berlaku dan juga terdapat didalam Naskah Simbur Cahaya.
Menurutnya, hukun adat ini mempunyai makna agar dapat menjaga keseimbangan alam dengan manusia.
Selain hukum adat terdapat pula tulisan asli besemah (Aksara Ulu) yang dibahas pada hari kedua oleh Komunitas Pecinta Sejarah (PESE) yang secara langsung menelusuri bersama Tetua Adat Besemah.
Setelah itu pada diskusi hari terahir Komunitas Pecinta Sejarah (PESE) melanjutkan kegiatannya denga menelusuri bagaimana Masuknya Islam di Bumi Besemah ini bersama Firmansyah selaku ketua adat.
“Tokoh penyebaran islam di Besemah sendiri yaitu Syeikh Nurkhodim Al-Baharuddin yang penyebarannya kemudian dilanjutkan oleh kedua anaknya” ujar Bapak Firmansyah.
Selanjutnya penyebaran Islam di Bumi Besemah berkembang dengan sendirinya. Beriringan dengan adat dan budaya mereka yang seiring waktu semakin maju.#osk

x

Jangan Lewatkan

Truk Muatan Serbuk Soda Terbalik Nyaris Timpa Rumah Warga

Palembang, BP Sebuah truk tronton dengan nomor polisi B 9288 KYT bermuatan puluhan ton serbuk soda terbalik dipinggir Jalan Mayjen ...