Polda Sumsel Kirim 100 Personel Brimob ke Papua

9

Palembang, BP

Pasca kerusuhan yang terjadi, suasana di Papua saat ini sudah mulai kondusif. Meski begitu, pengamanan tetap dilakukan dengan banyaknya personel gabungan yang di kirim ke wilayah paling timur Indonesia tersebut.

Polda Sumatera Selatan (Sumsel) sejauh ini telah menerjunkan 450 personil Brigade Mobile (Brimob). Di mana sebelumnya, personel tambahan di kirim ke Papua dalam tiga gelombang.

Baca:  Batalion 8 (IV) -RS OVW di Perang Lima Hari Lima Malam

“Saat ini Polda sudah menerjunkan 450 personil Brimob. Pada gelombang pertama 250 anggota, gelombang kedua 100 orang,” kata Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan, Kamis  (6/9) malam di halaman Kargo Bandara SMB II Palembang.

Dia menjelaskan, pihaknya menerjunkan banyak personel sebagai upaya untuk membantu menjaga keamanan di Papua. Sebab, sudah menjadi tugas Polri menjaga keutuhan negara Republik Indonesia, di mana Papua merupakan bagian dari Indonesia yang wajib dipertahankan.

Baca:  Kombes Pol Yudo Nugroho Sugianto Jabat Dansat Brimob Polda Sumsel

“Keadaan di Papua sudah kondusif, tetapi harus dijaga agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang ingin memecah belah kesatuan NKRI,” katanya.

Rudi belum memastikan untuk berapa lama waktu bertugas para personel yang dikirim. “Itu tentative, tergantung situasi. Semakin cepat keadaan kembali normal semakin cepat personil itu kembali,” katanya.#osk

Baca:  Ketika Pasukan Inggris Keluar Dari Palembang