Pengangguran Curi Kabel PLN di Ringkus

6

BP/IST
Tersangka Reddo Septiando

Palembang, BP

Reddo Septiando (23), warga Pahlawan, Kecamatan Mariana, Kabupaten Banyuasin, nekad mencuri kabel milik PLN yang tertanam sekitar 1 meter di belakang RS Kusta Kundur, Kecamatan Mariana, Kabupaten Banyuasin.
Modusnya, tersangka menggali tanah menggunakan skop, lalu memotong kabel listrik berisi kawat tembaga dengan gergaji besi. Setelah itu, potongan Kabel sekitar 2,5 meter dengan berat 6 kilogram tersebut dijual tersangka kepada pengepul barang rongsokan di kawasan Talang Putri, seharga Rp800 ribu.
Reddo mengaku terpaksa mencuri kabel tersebut karena tidak memiliki pekerjaan tetap yang bisa menghasilkan uang.
“Saya nganggur, jadi terpaksa melakukannya. Sudah tiga kali saya mencuri kabel di belakang rumah sakit itu. Pertama sama teman saya Bobi, kami berhasil dapat sekitar enam kilogram dan dijual seharga Rp800 ribu. Uangnya kami bagi dua dan sudah habis untuk makan dan beli rokok,” kata , Rabu (4/9).
Karena seringnya terjadi aksi pencurian kabel, pihak PLN pun lantas melaporkan kejadian itu ke Polsek Mariana. Mendapat laporan tersebut anggota Unit Reskrim Polsek Mariana langsung menuju ke tempat kejadian perkara (TKP), Senin (2/9), sekitar pukul 21.30.
“Ternyata benar, anggota mendapati tersangka sedang memotong kabel yang hendak dicurinya itu. Lalu anggota langsung meringkusnya, serta mengamankan sejumlah barang bukti dan dibawa ke Mapolsek untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kapolsek Mariana, AKP Agus Irwanto.#osk