21 Caleg Terpilih Dapil Sumsel Ke Senayan, H Alex Noerdin Raih Suara Terbanyak

12

BP/IST
H Alex Noerdin

Palembang, BP

Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dra Kelly Mariana dan jajarannya menyampaikan selamat kepada 21 nama calon wakil Sumsel yang melenggang di Gedung Senayan.
“Selamat Untuk Calon Terpilih Anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Sumatera Selatan dalam Pemilu 2019,” kata Kelly Mariana, Senin (2/9).
Alumnus FISIP Unsri ini juga mendoakan agar ke-21 Caleg Terpilih ini bisa amanah dalam menjalankan tugasnya.
“Semoga Amanah dalam menjalankan tugas pengemban aspirasi masyarakat Sumatera Selatan,” kata Kelly.
KPU Sumsel juga mengucapkan terimakasih kepada semua peserta Pemilu, masyarakat Sumatera Selatan, TNI dan POLRI dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 di Sumsel.
Kalau beberapa lalu Kelly sempat mengatakan ada pamflet yang tersebar itu adalah hoax.
Pasalnya waktu itu KPU RI belum menetapkan kursi dan calon terpilih.
Lagi pula di gambar tersebut masih ada Hj Maphilinda Syahrial Oesman memperoleh kursi NasDem Dapil Sumsel 1 yang pada putusan terakhir diperoleh Fauzi H Amroh MSi.
“Kalau ini sudah ditetapkan di Jakarta, 31 Agustus 2019,” kata Kelly.
Sebanyak 21 nama anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Sumsel periode 2019-2024 bakal dilantik 1 Oktober 2019 dan berkantor di Gedung Senayan Jakarta.
Diantaranya Partai NasDem membuat kejutan prestasi, yang pada periode 2014-2019 hanya memperoleh 1 kursi atas nama Irma Suryani Chaniago, pada periode 2019-2024 bertambah menjadi 3 kursi atas nama Fauzi H Amroh MSi, Hj Percha Leanpuri BBus, Hj Sri Kustina.
Masuknya Fauzi H Amroh MSi yang sebelumnya anggota DPR RI dari Partai Hanura secara tidak langsung juga membuat kosong kursi Partai Hanura pada periode 2014-2019 yang tadinya 1 kursi.
Partai Gerindra juga berhasil menambah kursi DPR RI asal Sumsel yang tadinya 2 (Edhy Prabowo MM MBA dan Ir Sri Meliyana) menjadi 3 dengan kehadiran mantan Walikota Palembang dua periode yang juga mantan Ketua DPD PDIP Sumsel Ir H Eddy Santana Putra MT.

Baca:  KPK Imbau Pemda Evaluasi Kriteria Penerima Bansos

PDI Perjuangan yang tadinya 3 kursi (Almarhum H Nazarudin Kiemas, Erwin Singajuru, Yulian Gunhar) melorot menjadi 2 kursi (Yulian Gunhar SH MH dan Riezky Aprilia SH MH).
Kursi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tadinya 2 kursi (H Mustafa Kamal SS dan H Iqbal Romzi), pada periode 2019-2024 ini melorot tinggal 1 kursi (H Mustafa Kamal SS).
Partai Golkar sendiri bertahan dengan 3 kursi yang pada periode 2019-2024 ini ada H Alex Noerdin SH, Drs H Kahar Muzakir, dan Bobby Adhityo Rizaldi SE Ak MBA CFE).
Mantan Gubernur Sumsel dua periode ini menjadi Caleg Terpilih DPR RI Dapil Sumsel yang memperoleh suara terbanyak yakni 145.622 suara.
Partai Amanat Nasional bertahan dua kursi masih ditempati Ir H Achmad Hafisz Tohir dan Hanna Gayatri.
Partai Demokrat tetap memperoleh 2 kursi. Hanya saja Calegnya saja yang berganti di Dapil Sumsel 1.
Yang tadinya Sofwatilah Mohzaib digantikan Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel yang juga mantan Wagub Sumsel Ir H Ishak Mekki MM.
Sedangkan di Dapil Sumsel 1 masih ditempati H Wahyu Sanjaya SE.
Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB juga masih bertahan 1 kursi masih atas nama H Bertu Merlas ST yang juga adik kandung Gubernur Sumsel saat ini.
Sementara untuk senator DPD RI periode 2019-2024 diisi para pendatang baru dan semuanya perempuan. Hj Eva Susanti, Amaliah SKG, Jialyka Maharani, dan Arniza Nilawati SE MM. Eva merupakan Caleg Terpilih DPD RI Dapil Sumsel yang meraup suara tertinggi yakni 344.143 suara.#osk