Home / Pendidikan / MTs Negeri 1 Palembang Ajak Siswa Bijak Menggunakan Gawai

MTs Negeri 1 Palembang Ajak Siswa Bijak Menggunakan Gawai

(Kepala MTs Negeri 1 Palembang Drs Tugino MPdI saat memantau proses belajar mengajar siswa di salah satu kelas di program bijak menggunakan gawai)

 

Palembang, BP

Tak bisa dipungkiri, bahwa perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 kini memaksa perubahan semakin cepat, manusia dengan adanya teknologi dimudahkan dengan adanya internet. Dan saat ini sudah ada dalam satu genggaman yakni gawai.

Segela macam proses pun menjadi lebih mudah dengan adanya Dusrubtion 4.0 ini.  Mulai dari proses pekerjaan, hingga proses pendidikan dalam proses belajar mengajar. Namun tentu penggunaan gawai harus lah

Berangkat dari hal tersebut, pihak sekolah memberikan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penggunaan gawai. Agar siswa tidak menggunakan hal yang kurang bermanfaat seperti main games, membuka situs yang dilarang dan lain sebagainya.

“Makanya kita menerapkan proses bijak menggunakan gawai. Kita tidak bisa melarang siswa membawa gawai karena sebagai alat komunikasi dengan orang tua misalnya. Atau memesan ojek online saat berangkat maupun pulang sekolah,”ujar Kepala MTs Negeri 1 Palembang Drs Tugino MPdI, Kamis (22/8).

Lanjut Tugino bahwa ia tak menampik tantangan siswa menggunakan atau membawa gawai maka siswa akan tersita waktunya oleh gawai pribadinya. Sehingga ia pun mengambil kebijakan melalui SOP bijak menggunakan gawai.

“Jadi saat belajar gawai dikumpul, dan bisa diambil kembali saat istirahat atau waktu belajar yang memaksa untuk mencari materi di Internet,”urainya.

Bahkan pihaknya menargetkan ditahun yang akan datang akan memanfatkan gawai untuk proses belajar mengajar yang dilakukan di ruang-ruang kelas. “Kalau proses belajar mengajar belum tapi kalau mengirim tugas di rumah mereka sudah pakai gawai. Mudah-mudahan nanti kita programkan,”jelasnya.

Sementara itu dikatakan Siti Nazila Putri, siswa kelas IX MTs Negeri 1 Siti Palembang mengatakan penerapan SOP bijak menggunakan gawai direspon dengan baik oleh siswa-siswi.

“Karena pengontrolan didalam penggunaan gawai yang diterapkan disekolah kami ini bagus, karena kami bisa belajar lebih fokus menerima pelajaran yang diberikan guru kepada kami. Jadi gawai baru bisa digunakan dikelas apabila untuk mata pelajaran yang memang harus menggunakan HP,”pungkasnya. #sug

x

Jangan Lewatkan

Miliki Minimarket, SMKN 1 Inginkan Lulusan Cepat Terserap ke Dudi

Palembang, BP–Sebagai salah satu SMK bergengsi di Kota Palembang, SMK Negeri 1 Palembang mendorong siswanya untuk bisa lulus dan cepat ...