Ultimate magazine theme for WordPress.

Duta Baca Muba Bangkitkan Semangat Literasi SMK Negeri 1 Sekayu

Duta Baca Rojaki berbagi cerita, pengalaman, dan juga inspirasi kepada para peserta didik.

Sekayu, BP–Dalam rangka melaksanakan Program Sekolah Rujukan, SMK Negeri 1 Sekayu melaksanakan salah satu kegiatan Sosialisasi Gerakan literiasi Sekolah yang bertajuk Membaca Hobiku, Menulis Keterampilanku.

Pada kegiatan ini SMK Negeri 1 Sekayu mendatangkan narasumber yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kabupaten Muba  yakni Rojaki, M.Pd.,Duta Baca Muba dan Guru SMAN 2 Sekayu yang sudah menghasilkan banyak karya berupa artikel media cetak, penelitian dan aktif dalam kegiatan literasi dan aksi lingkungan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru guru, Pegawai Perpustakaan dan Seluruh Peserta didik Kelas X tahun Pelajaran 2019/2020.

Menurut Ibu Susnila, S.Pd. M.M selaku kepala sekolah dalam sambutannya sekaligus membuka acara ini bahwa Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan seseorang mengakses, memahmi, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis dan atau berbicara.

Baca Juga:  Pakai Kaos Muba United, Dodi Reza Divaksin Pertama

Dilanjutkan lagi bahwa GLS ini tidak hanya menambah wawasan, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai upaya penumbuhan budi pekerti dan semangat berkarya dan siap memasuki dunia kerja setelah lulus dari sekolah kejuruan ini.

SMK Negeri 1 Sekayu mulai melaksanakan program literasi diawali dengan program membaca buku setiap hari 15 menit sebelum pelajaran di mulai.

Baca Juga:  Tujuh Camilan Sehat Lalan Masuk Istana Wapres

Dari kegiatan 15 menit membaca tersebut peserta didik dapat menuliskan/merangkum dari buku yang mereka baca yang nantinya diharapkan menjadi referensi untuk menghasilkan karya tulisan baru. Untuk buku bacaan itu sendiri peserta didik dapat membaca buku-buku koleksi yang di perpustakaan sekolah secara langsung atau buku-buku yang sudah ada dipojok baca kelas yang peserta didik buat sendiri dikelas masing-masing.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran membaca pada Peserta Didik.

Rojaki, selaku narasumber kegiatan ini menyampakai rasa apresiasi yang tinggi karena diberikan kesempatan untuk berbagi cerita, pengalaman dan juga inspirasi pada peserta didik.

Baca Juga:  Sabet 6 Medali emas, Muba Puncaki Klasemen Porprov

Kegiatan yang berlangsung di ruang aula sekolah ini berjalan lancar dan antusias yang luar biasa. Sesi tanya jawab dan juga hadiah berupa buku dari Rojaki kepada siswa yang bertanya dan aktif menjawab disela-sela kegiatan berlansung.

Disampaikan juga oleh Kepala Sekolah, semoga SMKN1 Sekayu mampu membangkitkan semangat membaca, menulis, dan berkarya serta tumbuh semangat kompetisi yang tinggi pada diri peserta didik. Hal ini tentunya butuh dukungan dan komitmen bersama sehingga kegiatan literasi sekolah dapat terus tumbuh dan berkembang hingga lahirlah juara juara di tingkat kabupaten, propinsi dan nasional melalui kegiatan literasi.#rel

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...